curug di purwakarta

Purwakarta menjadi salah satu kota yang tenang dan jauh dari kemacetan seperti kota-kota lainnya di Indonesia. Tapi sebenarnya Purwakarta memiliki banyak tempat wisata alam seperti wisata curug di Purwakarta yang tak hanya indah, tapi juga sangat eksotis.

Kota ini memang memiliki pesona yang tersembunyi baik tempat wisata alam yang berupa gunung atau sungai. Termasuk tempat wisata air terjun yang dingin, sejuk, dan mampu memberi pemandangan yang luar biasa indah.

Curug di Purwakarta yang Indah dan Eksotis

Bagi Sobat Traveler yang ingin menjelajahi Kota Purwakarta sebaiknya kunjungi beberapa referensi curug di Puwakarta yang cukup populer saat ini di bawah ini:

1.   Curug Putri

Lokasi Curug Putri dekat dengan Curug Cijalu karena memang masih berada di wilayah yang sama. Keindahan dari curug ini terlihat pada batu hitam yang bentuknya mirip dengan pondasi air yang sedang mengalir.

Susunan dari batu berwarna hitam itu sangat menarik perhatian, karena memang sangat indah. Suasana di Curug Putri juga sangat asri sehingga para pengunjung betah berwisata ke curug tersebut.

Awalnya di lokasi Curug Putri ada satu lagi air terjun lainnya yang disebut dengan Curug Kembar oleh masyarakat setempat. Tapi salah satu curugnya mengalami penurunan pada debit airnya sehingga saat ini hanya ada satu curug saja yaitu Curug Putri.

Ketinggiannya sampai 35 m dan memiliki tebing batu di setiap sisinya. Bebatuan yang terbentuk pada tebing tersebut muncul dengan alami, udaranya sangat sejuk, dan memiliki air yang jernih.

2.   Curug Cijalu

Curug di Purwakarta yang lainnya yaitu Curug Cijalu yang dikenal karena terdapat tebing yang mengelilingi air terjun tersebut. Hal itulah yang memesona dari Curug Cijalu ini dan membuat para pengunjung terpukau.

Arti dari Cijalu adalah seorang lelaki perjaka sehingga sering disebut dengan air terjun jantan. Letaknya yang berdekatan dengan Curug Putri membuat curug ini cocok disandingkan dengan curug tersebut, karena namanya jalu dan putri.

Alamnya masih sangat asri dan terjaga dengan baik, ditambah dengan pemandangan pepohonannya yang sangat rimbun. Tak hanya pemandangannya saja yang indah, tapi banyak kegiatan yang bisa Sobat Traveler lakukan di sini.

Misalnya bermain air di bawah air terjun tersebut, berkemah, atau rock climbing. Berada di ketinggian 1030 mdpl, membuat pemandangan yang ada di sekitarnya benar-benar indah.

3.   Curug Cilamaya

Apabila ingin menikmati keindahan curug di daerah Purwakarta yang lainnya, cobalah untuk datang ke Curug Cilamaya. Lokasinya berada di kaki Gunung Burangrang sehingga keindahannya sangat alami dan menakjubkan.

Jika berwisata ke Curug Cilamamaya ini maka Sobat Traveler akan merasakan udara yang segar, dengan infrastruktur lokasi wisatanya yang telah memadai. Akses untuk datang ke air terjun tersebut juga mudah, dan terdapat petunjuk serta jalan yang sudah mulus.

4.   Curug Ponggang

Keindahan yang berada di Curuh Ponggang akan sangat membuat para Sobat Traveler terpesona. Beragam jenis pepohonan berjejer di sana seperti membentuk benteng alam. Tebingnya yang kokoh semakin menambah keindahan di curug itu sendiri.

Curug Ponggang Purwakarta dianggap sebagai gambaran dari keindahan Taman Eden, dengan aliran airnya yang deras dari Sungai Cimalaya yang menjadi hulu. Hal lainnya yang terkenal dari curug yang satu ini adalah airnya yang sangat dingin seperti es.

Tapi udaranya yang sejuk membuat Sobat Traveler menjadi malas pulang. Sama halnya dengan keasrian alamnya yang cocok sekali untuk melepas penat.

5.   Curug Cipurut

Curug Cipurut menjadi salah satu curug di Purwakarta yang juga populer. Bahkan menurut masyarakat Purwakarta curug ini adalah yang paling indah dan paling cantik.

Sehingga pengunjungnya pun tidak pernah sepi, bahkan sering sekali orang-orang dari luar daerah yang datang ke Cipurut hanya untuk melihat kemolekan air terjun tersebut. Ketinggian Curug Cipurut mencapai 25 m dengan air yang sangat jernih dan menyegarkan.

Keindahan dan kecantikan dari curug ini juga berasal dari pepohonannya yang sangat cantik. Sobat Traveler juga akan menemukan hutan pinus di Curug Cipurut, yang juga sering menjadi spot foto yang menarik.

Jangan lewatkan juga pengambilan gambar curug dan menjadikannya latar belakang foto yang akan membuat hasilnya semakin cantik. Coba juga perosotan alam yang ada di sana, yaitu perosotan alami yang terbuat dari bebatuan andesit.

Kolam pada air terjun ini sering menjadi waterboom alami tapi pengunjung diminta selalu berhati-hati saat berenang di sana.

6.   Curug Ciseoh

Bagi Sobat Traveler yang senang menjelajahi tempat-tempat wisata alam sebaiknya coba berwisata ke Curug Ciseoh. Curug yang ada di Purwakarta ini masih cukup baru dan lokasinya berada di daerah Burangrang.

Walaupun baru tapi keindahannya sangat menakjubkan dan dijamin tidak akan membuat para pengunjung menyesal datang ke sana. Keindahan alamnya pun masih sangat asri dan terjaga dengan baik.

Sepanjang perjalanan ke sana terdapat banyak pohon rindang yang membuat udara di sekitarnya terasa segar. Jarak untuk menuju ke Curug Ciseoh ini adalah sekitar 1 Km dengan cara berjalan kaki.

Jalanannya cukup menantang sehingga Sobat Traveler harus fokus saat berjalan menuju curug, karena jalanannya pun licin. Letak curug berada di kawasan hutan yang lebat dan masih minim fasilitas.

Jika berwisata ke curug tersebut sebaiknya bawa perbekalan yang cukup, karena tidak ada warung makanan/minuman di sekitarnya.

7.   Curug Suhada

Tempat wisata air terjun di Purwakarta yang juga bisa Sobat Traveler jelajahi adalah Curug Suhada. Curug ini juga menjadi curug paling besar di sana dan memiliki keasrian yang sangat terjaga.

Ketinggian curug kurang lebih sekitar 7 m dengan beberapa curugan yang melewati bebatuan yang cantik. Pemandangan alamnya yang menawan akan membuat penat hilang dan menguap begitu saja.

Ditambah lagi dengan udaranya yang sangat sejuk dan membuat pengunjung enggan pulang. Debit air pada curug akan meningkat deras ketika musim penghujan tiba, tapi akan menurun di musim kemarau.

Tak hanya pemandangannya saja yang indah dan menakjubkan, tapi Sobat Traveler juga bisa berkemah di kawasan tersebut. Tak heran jika banyak wisatawan yang dengan sengaja melakukan kegiatan adventure di aliran curug itu sendiri.

Untuk menuju ke lokasi wisata curug di Purwakarta, memang tidak mudah. Tapi keindahan yang ada di setiap curug akan membuat Sobat Traveler puas dan semua lelah terbayar lunas.

8.   Curug Tilu

Tidak seperti curug-curug ternama lainnya, Curug Tilu Purwakarta menjadi salah satu curug yang namanya tidak terlalu terkenal. Bentuk air terjun yang menyerupai undakan dan memiliki tingkatan tiga tersebut, sungguh menawarkan keindahan yang luar biasa.

Tiga tingkatan itulah yang membuat curug ini disebut dengan Curug Tilu. Terdapat air terjun dibalik sebuah tebing yang kokoh dengan keindahan alam yang sangat megah.

Tak hanya menikmati air terjun dengan sebuah hutan bambu saja, tapi pengunjung juga bisa menikmati pengelolaan perkebunan dan juga ikan. Sayang sekali rasanya jika tidak berwisata alam ke Curug Tilu jika Sobat Traveler sedang berada di Purwakarta.

9.   Curug Cisomang

Masih ada lagi curug lainnya yang akan dibahas di sini, yaitu Curug Cisomang yang ada di bawah jembatan perbatasan diantara kecamatan Daragdan dengan area Bandung Barat. Lokasi tepatnya berada di Desa Sapok Kabupaten Purwakarta.

Akses jalan yang menuju ke curug ini cukup sulit, karena curug yang satu ini merupakan salah satu curug tersembunyi di Purwakarta. Itulah sebabnya curug ini belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dan fasilitas pendukungnya.

Diperlukan perjuangan ekstra untuk bisa sampai ke lokasi curug ini, tapi ada sejuta keindahan yang eksotik di curug tersebut. Cisomang menjadi sebuah mahakarya dari Tuhan yang keasriannya masih terjaga.

Air terjunnya jernih, pepohonannya rindang dan juga hijau, membuat keindahan curug ini semakin lengkap. Untuk bisa masuk ke area curug tidak dikenakan harga tiket atau biaya masuk apapun alias gratis.

Tips Liburan ke Curug di Purwakarta Ketika Sedang Musim Hujan

Curah hujan tinggi karena hampir setiap hari hujan, membuat area curug menjadi cukup berbahaya. Hal itu disebabkan oleh licinnya jalanan yang membuat gerak Sobat Traveler terbatas jika berwisata ke curug di musim hujan.

Ikuti tips aman berwisata alam ke curug saat musim hujan tiba di bawah ini:

1.   Memilih Lokasi Air Terjun dengan Akses yang Mudah dan Aman

Lokasi air terjun biasanya akan menjadi becek saat musim hujan, dan juga dipenuhi dengan genangan. Perjalanan untuk menuju ke lokasi pun menjadi tidak nyaman. Apalagi jika lokasinya ada di area pegunungan maka saat itu sangat rawan longsor.

Jika ingin berwisata ke tempat wisata curug di Purwakarta saat musim hujan, pilih curug yang aksesnya mudah dan masih cukup aman untuk dijelajahi.

2.   Mengenakan Jaket Anti Air dan Membawa Pakaian Ganti

Sebaiknya kenakan juga jaket anti air supaya tubuh tidak terlalu basah saat sedang berada di lokasi wisata dan turun hujan. Namanya musim hujan tentu hujan bisa turun kapan saja, ada baiknya Sobat Traveler mengantisipasi saja.

Jaket waterproof tersebut juga akan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Jangan lupa juga untuk membawa baju ganti saat berwisata ke curug di musim hujan. Baju ganti ini juga untuk mengantisipasi tubuh kehujanan atau kebasahan saat sedang asyik bermain.

3.   Jangan Berenang

Berwisata ke curug terbaik di Purwakarta memang tidak lengkap rasanya jika tidak mandi langsung di bawah aliran air terjun. Tapi untuk menghindari bahaya tersebut sebaiknya Sobat Traveler tidak perlu mandi/berenang di bawah aliran air terjun tersebut.

Meskipun kelihatannya aman-aman saja tapi lebih baik mencegah hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Kemungkinan hujan turun di hulu sungai saat musim hujan bisa terjadi, yang akan membuat debit air meningkat dan aliran hujan semakin deras.

4.   Membawa Payung dan Jas Hujan

Sobat Traveler juga sebaiknya membawa perlengkapan seperti misalnya payung dan jas hujan, untuk mengantisipasi kehujanan di perjalanan. Jas hujan dan payung ini akan sangat membantu jika hujan turun deras saat Sobat Traveler masih berada di kawasan wisata curug.

Banyaknya pilihan curug di Purwakarta akan membuat Sobat Traveler leluasa dalam menentukan curug mana yang akan dikunjungi. Curug-curug tersebut juga memiliki karakteristik, kelebihan, dan pesona keindahannya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.