Berenang di kolam renang adalah hal biasa, namun menjadi berbeda apabila kamu berenang di suatu curug. Sobat Traveler yang hobi berenang dan suka dengan tempat wisata alam, berlibur di Curug Tilu dapat menjadi solusi untuk kamu menghabiskan libur akhir pekan.

Aliran air sungai yang jernih dan suara gemericik khas air terjun dapat membuat kamu merasa rileks berada disini. Sebelum mengunjungi kawasan curug, ada baiknya kamu mengetahui informasi-informasi yang mimin sajikan lengkap seputar curug. Check this out, ya!

Informasi Umum Curug Tilu

Ada beberapa informasi penting seputar curug yang dapat membantu kamu untuk mengetahui curug lebih dalam. Beberapa informasi tersebut diantaranya:

1.     Lokasi

Berlokasi di Kampung Gunung Buleud, Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Meskipun letaknya cukup tersembunyi, namun kawasan curug tidak pernah sepi dari pengunjung khususnya di masa weekend.

2.     Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jam operasional wisata curug, buka setiap hari dari pukul 07.00-16.00. Harga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang, untuk anak-anak tidak dikenakan biaya tiket masuk. (jam operasional dan harga tiket dapat berubah tergantung kebijakan pengelola wisata)

3.     Sejarah dan Asal Muasal Nama

Selama kurang lebih 50 tahun, keberadaan curug ini cukup terisolir akibat dibangun dan dioperasikannya Waduk Jatiluhur pada tahun 1967. Akses jalan menuju curug terhalang karena adanya pembangunan waduk.

Pembukaan jalan dan pembangunan infrastruktur menuju curug mulai dilakukan ketika kepemimpinan Bupati Purwakarta saat itu, Kang Dedi Mulyadi. Bisa diartikan lokasi curug masih terbilang baru.

Disebut Curug Tilu karena curug memiliki 3 undakan air terjun. Padanan nama curug diambil dari bahasa Sunda. Curug artinya air terjun dan tilu berarti tiga.

4.     Fasilitas

Beberapa fasilitas yang ada di lokasi curug antara lain:

●      Warung Makan

Di sekitar kawasan curug, kamu akan menemukan warung-warung makan yang dikelola warga sekitar. Kamu tidak perlu khawatir kelaparan selama berada di lokasi wisata. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan cukup terjangkau.

●      Toilet

Fasilitas toilet umum yang tersedia masih minim, namun ada beberapa warung yang menyediakan toilet yang bisa digunakan oleh pengunjung.

●      Musala

Pengunjung muslim dapat menunaikan ibadah salat 5 waktu di musala yang ada di sekitar kawasan curug.

Untuk kamar mandi sebagai tempat bilas belum tersedia, kamu dapat ganti baju di warung-warung yang menyediakan ruangan ganti baju.

Daya Tarik Curug Tilu

Air sungai yang berwarna hijau jernih dan bersih, pemandangan alam yang indah dan natural serta aliran air yang tidak terlalu deras juga akses jalan yang mudah dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat menjadi daya tarik wisata Curug Tilu.

Air sungai yang jernih dan berwarna kehijauan membuat curug dikenal sebagai “Grand Canyon Asli Purwakarta”. Area kedalaman air yang dangkal dapat dimanfaatkan oleh anak-anak. Anak-anak dapat bermain air atau berenang saat debit aliran air sungai tidak deras.

Selain berenang, pengunjung dapat selfie dengan memanfaatkan pemandangan alam yang masih asri, rapi dan “perawan”.

Suara burung dan sejuknya udara dari pepohonan yang rimbun menambah kenyamanan dan ketenangan berada disini. Adanya bebatuan di sekitar aliran sungai menambah kesan eksotis dan alami.

Rute Menuju Curug Tilu

Untuk memudahkan dan mempercepat waktu tiba di lokasi, ada baiknya kamu menggunakan aplikasi Google Maps atau Waze. Akses jalan menuju lokasi wisata Curug Tilu dapat diakses kendaraan roda dua maupun roda empat.

  • Pengunjung dari arah Jakarta, dapat melewati jalur tol Jakarta-Cikampek kemudian keluar di Exit Tol 37 Pasirranji/Sukamahi/Cikarang Pusat.
  • Setelah itu arahkan mobil menuju Desa Ciririp, Purwakarta. Di sepanjang jalan menuju lokasi, kamu akan disuguhkan pemandangan waduk jatiluhur yang mempesona di sisi kiri jalan dan hamparan bukit hijau serta sawah warga yang ada di sisi sebelah kanan.

Lokasi Curug tidak jauh dari jembatan Desa Ciririp dan berada di kanan jalan. Area parkir mobil belum tersedia untuk pengunjung, namun pengunjung dapat parkir di sisi jalan dekat pemukiman warga dengan membayar uang parkir kepada warga sebesar Rp10.000 (harga ini dapat berubah sesuai kebijakan warga sekitar).

Area parkir motor berada di dekat pintu masuk Curug. Dari gapura selamat datang, lanjutkan perjalanan sekitar 1 km dengan hiking jalan setapak melewati rumah warga. Suasana pedesaan terasa kental disini. Sebelum tiba di pintu masuk, kamu akan melihat aliran anak sungai yang jernih.

Sebagai antisipasi banjir, warga dan pengelola membangun sebuah jembatan gantung untuk mengatasi luapan debit air sungai akibat curah hujan yang tinggi. Jalur hiking juga dibuat lebih baik dengan adanya pembenahan lokasi wisata yang terus menerus membuat hiking menjadi semakin mudah.

Aktivitas Selama Berada di Curug Tilu

Sensasi seru dan menyenangkan dapat kamu rasakan selama berada di lokasi. Aktivitas yang bisa kamu lakukan selama di curug seperti:

1.     Berenang

Jernih dan segarnya air sungai merayu pengunjung untuk berenang di kawasan curug. Sebelum memutuskan area berenang kamu dapat mengetahui kedalaman cekungan sungai di beberapa titik leuwi melalui palang informasi.

Informasi kedalaman leuwi ini bermanfaat bagi pengunjung sebelum berenang untuk memilih lokasi leuwi yang tepat sebelum berenang.

Buat kamu yang jago berenang dan suka melakukan atraksi ekstrem, kamu dapat mencoba sensasi lompat ke air sungai dengan terjun dari dinding-dinding batu sekitar curug.

2.     Bermain Air

Tidak hanya orang dewasa yang bisa rileks dan santai menikmati segarnya air sungai, namun anak-anak juga dapat merasakan kesegaran air dengan bermain air di daerah leuwi yang dangkal.

Ketika aliran sungai tidak deras, anak-anak aman bermain air di kawasan ini. Meskipun aman, tetap memerlukan pengawasan khusus dari orangtua untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3.     Ngariung

Bekal yang kamu bawa dapat kamu nikmati bersama keluarga dengan memanfaatkan tanah kosong di sekitar curug. Sambil menikmati santapan masakan yang lezat, kamu akan merasa rileks dan nyaman mendengar suara gemericik air sungai dan sejuknya udara dari pepohonan.

Ngariung juga meningkatkan bonding antar anggota keluarga. Masa liburan adalah saat yang tepat bagi kamu menghabiskan quality time bersama keluarga.

4.     Selfie

Abadikan momen liburanmu dengan beragam pose saat hiking dan selama berada di kawasan curug. Pemandangan yang asri disertai pepohonan yang rindang menjadi background yang akan menambah keunikan dan keindahan foto.

Suasana pedesaan yang alami, jauh dari hiruk pikuk kota dan spot-spot foto yang masih natural menjadi angle terbaik bidikan kamera. Bidikan-bidikan kamera yang tepat menjadi kenang-kenangan liburan bersama keluarga yang seru dan menyenangkan.

5.     Bersantai

Gemericik air sungai serta kawasan sungai yang masih bersih dan asri membuat kamu betah dan nyaman berada di Curug Tilu. Kamu akan merasa rileks bersantai disini, melepas penat dari hiruk pikuk suasana kota.

Pikiran dan tubuh menjadi lebih fresh dan semangat naik kembali setelah bersantai sejenak di kawasan curug.

6.     Hiking

Kamu yang menyukai petualangan akan merasa senang hiking menyusuri kawasan curug. Medan hiking mengalami banyak kemajuan yang didesain aman bagi pengunjung. Selain medan yang aman, kamu juga akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan menarik.

Cantiknya pemandangan di sekitar kawasan curug akan memanjakan dan menyegarkan mata. Pikiran menjadi lebih fresh dan tubuh menjadi lebih sehat dengan hiking dari pintu masuk sampai lokasi curug.

Tips Wisata di Curug Tilu

Sebelum merencanakan liburan, beberapa tips wisata berikut akan membantu kamu mempersiapkan liburan yang nyaman dan aman. Tips wisata berlibur di Curug Tilu diantaranya:

●      Waktu Kedatangan

Ada 3 waktu kedatangan ideal agar kamu bisa menikmati liburanmu dengan maksimal. Rencanakan liburanmu di 3 waktu ideal berikut ini:

  • Pagi Hari

Datang di lokasi curug saat pagi hari, kamu akan merasakan udara yang sejuk dan air sungai yang segar. Waktu ini adalah waktu yang tepat untuk berenang dan eksplorasi aliran sungai. Kamu bisa leluasa menikmati jelajah sungai dalam waktu yang lama.

Datang saat posisi matahari sudah semakin tinggi, akan membuat waktu berenang dan bermain air sebentar karena semakin siang udara di lokasi akan semakin panas.

  • Weekday

Kamu yang suka berlibur dalam suasana tenang dan tidak terlalu suka keramaian dapat merencanakan waktu liburan di curug saat weekday. Lokasi curug waktu weekday tidak terlalu dipadati pengunjung bila dibandingkan masa weekend.

  • Cuaca Cerah

Pilih waktu kedatangan saat cuaca cerah atau curah hujan sedang tidak tinggi. Curah hujan yang tinggi akan meningkatkan resiko banjir, debit aliran sungai tinggi dan jalur hiking beresiko licin dan kemungkinan longsor.

●      Stamina dan Kondisi Tubuh

Persiapkan stamina yang fit dan kondisi tubuh yang bugar agar kamu dapat menikmati waktu liburanmu dengan maksimal, selain itu persiapan ini penting dilakukan agar tubuh tidak menjadi drop setelah berlibur.

●      Kendaraan

Bila kamu akan pergi ke curug menggunakan kendaraan pribadi, penting untuk melakukan pengecekan kendaraan seperti bensin, kondisi ban, dsb.

Pengecekan sebelum bepergian bermanfaat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan mesin dan kehabisan bensin. Pengisian bensin kendaraan yang cukup (minimal untuk pulang-pergi) akan membantu kamu terhindar dari kehabisan bensin saat wisata.

●      Obat-obatan

Selalu sediakan obat-obatan yang biasa digunakan sebelum wisata untuk mencegah kambuhnya penyakit atau rasa sakit yang tiba-tiba datang saat berlibur.

●      Makanan

Bekal makanan yang cukup sebagai antisipasi bila warung makan di sekitar curug tutup. Budget liburan menjadi lebih hemat dengan membawa bekal makanan dari rumah.

●      Baju Ganti

Kamu atau anggota keluarga yang akan berenang di curug perlu membawa baju ganti sebagai baju cadangan apabila baju yang kamu kenakan basah atau kotor.

●      Sepatu atau Sandal

Gunakan sepatu atau sandal yang tidak licin dan nyaman untuk memudahkan kamu saat hiking menuju lokasi curug.

Segar dan jernihnya air Curug Tilu yang berwarna hijau bening menjadi daya tarik dan pesona air terjun yang masih perawan ini. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Purwakarta ditambah jalur hiking yang aman membuat pengunjung memilih curug sebagai tempat wisata untuk melepas penat.

Galeri Foto Curug Tilu Purwakarta

Review Curug Tilu Purwakarta

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja yang ada di tempat wisata Curug Tilu ini simak video singkat dibawah ini agar kamu tercerahkan.

Segera rencanakan waktu liburanmu dan nikmati sensasi berenang di wisata air terjun yang indah “Grand Canyon Asli Purwakarta”. Kamu akan merasa lebih fresh dan rileks berlibur disini. Tubuh terasa lebih segar dan mood membaik setelah mengunjungi wisata air terjun ternama di Purwakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.