Hallo Sobat Traveler, buat kamu yang suka dengan wisata alam dan sedang mencari tempat wisata alam recommended di Purwakarta? Mimin punya solusinya, nih. Wisata Curug Cipurut Purwakarta sebagai primadona wisata air terjun cocok buat kamu yang suka berpetualang di alam liar.

Kamu yang punya hobi dan senang menikmati keindahan alam atau hiking menyusuri kawasan hutan dan camping dapat menikmati serunya berpetualang di salah satu destinasi tempat wisata alam terbaik di Purwakarta.

Lokasi dan Sejarah Curug Cipurut Purwakarta

Terletak di Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, curug yang juga berada di Kaki Gunung Burangrang ini masuk ke dalam kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang dan dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jabar I.

Pengelolaan di lapangan dibantu warga Desa Sumurugul dan Desa Wanayasa. Secara umum curug memiliki 3 bagian area air terjun, 1 area curug utama dan 2 area curug landai.

  • Area curug utama berada di ujung tebing dengan ketinggian kurang lebih 25 meter, aliran air terjun jatuh seperti tangga yang melewati dinding batu-batuan yang tersusun rapi. Aliran air di curug ini tidak terlalu deras sehingga dapat memanfaatkan untuk cuci muka, berendam maupun mandi.
  • Area curug landai berada di bawah aliran air curug utama. Curug landai biasanya digunakan pengunjung sebagai tempat selancar karena alirannya yang tidak sederas curug utama.

Asal mula nama Cipurut menurut masyarakat sekitar, diambil dari nama pohon yang tumbuh di sekitar curug, Pohon Purut namanya. Pohon ini menyerupai bentuk pohon pinus dengan buah seperti buah pinus, namun dengan ukuran yang lebih kecil dan memiliki getah dengan kandungan racun di dalamnya.

Daya Tarik Yang dimiliki Curug Cipurut Purwakarta

Lokasi curug yang berada di kaki Gunung Burangrang membuat udara di sekitar curug terasa segar dan sejuk. Air terjun yang jernih dan aliran yang tidak terlalu deras serta kemudahan akses menuju curug menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata ini.

View yang indah dari pohon pinus dan kebun teh yang hijau segar memanjakan mata pengunjung selama hiking menuju lokasi curug. Selain pohon pinus dan kebun teh, kamu juga akan melihat hamparan sawah warga

Tidak hanya air terjun dan pemandangan yang indah, kamu juga dapat melihat ikan-ikan kecil yang berenang bebas di sekitar aliran curug.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Curug Cipurut Purwakarta

Waktu operasional curug adalah setiap hari dari jam 08.00-17.00. Harga tiket masuk berbeda-beda tergantung tujuan kedatangan. Berikut tabel harga tiket masuk. (harga tiket dapat berubah sesuai kebijakan pengelola)

 WeekdayWeekend
Tiket Masuk WisataRp5.000Rp20.000
Parkir Kendaraan WisataRp5.000Rp10.000
Parkir Kendaraan CampingRp15.000Rp25.000

Rute Menuju Curug Cipurut Purwakarta

Jarak curug dari pusat kota Purwakarta sekitar 29 km atau membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai lokasi Curug Cipurut. Pengunjung dari arah Jabodetabek dapat menggunakan Tol arah Bandung kemudian keluar di exit tol Jatiluhur/Ciganea, lanjutkan perjalanan selama kurang lebih 1 jam.

Akses jalan menuju curug dari pusat kota beraspal dan mudah dilalui namun sempit untuk kendaraan roda empat. Harap berhati-hati bagi kamu yang menggunakan transportasi kendaraan roda empat karena akses jalan yang tidak lebar.

Tiba di pintu gerbang curug, kamu akan diarahkan menuju tempat parkir. Untuk area parkir berada di dekat pintu masuk sedangkan parkir pengunjung yang akan camping sebaiknya menitipkan kendaraannya kepada warga di rumah warga sekitar agar lebih aman.

Biaya parkir dapat kamu bayarkan setelah kamu menyelesaikan semua aktivitas di curug atau saat akan pulang. Kamu memerlukan waktu kurang lebih 10 sampai 15 menit berjalan kaki dari area parkir sampai lokasi curug.

Untuk mempermudah sobat traveler mencapai lokasi Gunung Bongkok, kami sudah menyajikan peta lokasi dari google maps yang dapat kamu gunakan. berikut link maps nya.

Wanayasa, Kec. Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41174

Aktivitas Selama Berada di Curug Cipurut Purwakarta

Momen kebersamaan liburan bersama keluarga menjadi salah satu hal penting yang sayang untuk dilewatkan. Menciptakan momen sama halnya dengan menciptakan kenangan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan selama berada di Curug Cipurut:

1.     Hiking

Jarak dari area parkir ke lokasi curug kurang lebih sekitar 1 kilometer. Selama berjalan kaki menyusuri jalur hiking, kamu akan disuguhi pemandangan alam khas hutan pegunungan yang sejuk dan segar.

Deretan pohon pinus yang menjulang tinggi, hamparan sawah dan kebun teh yang menyejukkan menjadi pendamping kamu melewati langkah demi langkah perjalanan.

Kicau burung yang ramai juga akan menemani setiap perjalanan yang kamu lalui. Kamu tidak akan merasa bosan dan lelah menyusuri jalur hiking.

Akses jalan yang tidak terlalu terjal dapat dilalui orang dewasa dan anak-anak, namun perlu berhati-hati jika musim hujan dan curah hujan tinggi, jalur hiking yang berupa tanah liat akan menjadi licin.

2.     Berenang

Tiba di lokasi curug, kamu akan melihat aliran air sungai yang jernih dan segar serta tidak terlalu deras. Kamu dapat berenang di area curug utama atau curug landai. Sensasi berenang yang seru dan menyenangkan dapat kamu dapatkan.

Curug landai dapat digunakan anak-anak untuk berenang dan main air disini. Selain berenang, kamu juga dapat melakukan atraksi lompat dari tebing batu ke arah air sungai, namun tetap waspada batu-batuan yang ada di dalam sungai.

3.     Berendam

Kamu dapat berendam maupun mandi di area curug utama. Tubuh terasa segar dari guyuran air terjun dan pikiran menjadi lebih fresh. Aktivitas ini dapat membuat kamu merasa lebih rileks dari segala beban pikiran dan melepas penat dari hiruk pikuk kota.

4.     Camping

Tidak hanya berenang, pengunjung juga dapat camping, mendirikan tenda di sekitar kawasan curug yang dipersiapkan untuk camping ground.

Area Curug Cipurut yang luas dan bersahabat menjadi pilihan pengunjung yang suka camping di area terbuka, terutama area pegunungan dan dekat air terjun.

5.     Selfie

Momen liburan yang seru selama berada di curug dapat kamu abadikan dengan berbagai pose dan angle yang tepat. View, spot foto yang masih alami dan suasana yang mendukung menjadi nilai tambah hasil foto kamu.

6.     Ngariung

Menikmati makan bersama keluarga dengan berbagai masakan yang terhidang semakin membuat kamu nyaman dan betah berada disini. Didukung suasana alam yang masih asri dan “perawan” menambah syahdu suasana dan menambah selera makan kamu.

Sehabis makan kamu dapat santai, rileks sembari menikmati pemandangan alam dan suara gemericik air sungai yang syahdu. Berada disini dapat membuat kamu menjadi tenang dan santai.

Camping Seru di Curug Cipurut Purwakarta

Bagi kamu yang menyukai wisata alam dan suasana damai, tempat wisata ini cocok untuk santai bersama keluarga. Camping menjadi salah satu aktivitas yang dapat mempererat bonding antar anggota keluarga.

Berenang sekaligus camping menjadi hal biasa bagi pengunjung yang sering menghabiskan waktu di curug. Kamu akan mendapati tenda-tenda pengunjung ramai di hari weekend. Sebelum merencanakan camping ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, diantaranya:

●      Tenda

Pilihlah tenda dengan jenis dan ukuran yang memadai. Selain itu pilihlah tenda yang mudah dibawa dan mudah dirakit. Bahan tenda juga bisa menjadi pertimbangan untuk sebagai antisipasi terhadap hujan dan angin kencang.

Alat-alat yang diperlukan untuk mendirikan tenda juga perlu kamu persiapkan dengan baik agar mempercepat proses pendirian tenda.

●      Obat-obatan

Persiapkan obat-obat yang biasa dikonsumsi atau obat-obatan yang sekiranya diperlukan selama di lokasi curug. Obat-obatan ini penting dibawa untuk mencegah kekambuhan atau timbul penyakit yang tidak diinginkan.

●      Jas Hujan

Kondisi cuaca yang tidak bisa diprediksi membuat kamu perlu berjaga-jaga terhadap turunnya hujan di area camping. Jas hujan membantu kamu melindungi tubuh dari guyuran air hujan.

●      Lampu

Minimnya penerangan bahkan mungkin tidak ada penerangan dapat kamu antisipasi dengan membawa senter ataupun lampu duduk. Penerangan akan membantu kamu mengenali kondisi sekitar dan memudahkan kamu melihat suasana sekitar camping.

●      Alat Masak

Membawa bekal makanan yang cukup sekaligus alat masak yang diperlukan berupa kompor portable dan pisau lipat dapat menghindarkan kamu dari kelaparan. Makan malam di tenda dekat curug menjadi pengalaman seru untuk kamu.

●      Alat Tidur dan Alat Mandi

Kamu dapat membawa sleeping bag ataupun matras yang bisa digunakan sebagai alas tidur. Selain alas tidur, kamu juga mungkin perlu membawa bantal mini untuk membuat tidur kamu lebih nyaman.

Alat mandi seperti sabun, gayung, pasta dan sikat gigi juga kamu butuhkan untuk membersihkan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih segar.

●      Power Bank

Tanpa adanya listrik, power bank menjadi solusi kamu untuk mengisi daya baterai handphone kamu. Sebelumnya isi terlebih dahulu power bank kamu, agar saat tiba di lokasi dan akan digunakan, baterai power bank kamu masih penuh dan dapat digunakan.

Galeri Foto Wisata Curug Cipurut

Review Curug Cipurut Purwakarta

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja yang ada di tempat wisata Curug Cipurut ini simak video singkat dibawah ini agar kamu tercerahkan.

Nah itu tadi ulasan lengkap mengenai destinasi wisata alam Curug Cipurut. Berenang sekaligus camping di kawasan Curug Cipurut akan menjadi pengalaman berkesan yang tidak bisa dilupakan.

Jauh dari keramaian dan minim fasilitas dapat melatih mental kamu menjadi lebih tangguh dan bijaksana. Rencanakan waktu liburan kamu bersama keluarga dan nikmati suasana curug yang menjadi primadona wisata air terjun Purwakarta, sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.