Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak desa wisata yang bisa dijadikan sebagai destinasi liburan yang menyenangkan dan juga mengedukasi. Salah satu di antaranya adalah Desa Wisata Tajur yang ada di wilayah Purwakarta. Destinasi tempat wisata di Purwakarta yang rekomended untuk dikunjungi.

Jika Sobat Traveler tertarik untuk mendalami kearifan lokal budaya Sunda, maka berkunjung ke desa wisata ini bisa menjadi pilihan yang paling mudah dan tepat. Sebab, di kawasan desa wisata ini Sobat Traveler akan disuguhkan dengan berbagai macam budaya Sunda yang disajikan dengan sangat apik.

Alamat Lengkap Desa Wisata Tajur

Untuk menjangkau lokasi Desa Wisata Tajur Purwakarta, Sobat Traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pasalnya, lokasi tempat ini tidak terlalu sulit untuk dijangkau dan bisa dicari serta dilihat langsung dari Google Maps.

Desa Wisata Tajur terletak di Kampung Tajur, desa Pasanggrahan, kecamatan Bojong, kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Meskipun di awal-awal pembangunan belum ada yang mengenal desa wisata ini dengan baik, tetapi sekarang sudah semakin banyak orang yang tertarik untuk mengunjunginya.

Sobat Traveler bisa berkunjung ke tempat ini setiap hari, karena tempat ini buka selama 24 jam penuh. Dengan adanya jam operasional yang fleksibel seperti ini, dapat membuat para pengunjung merasa lebih leluasa dalam menelusuri segala budaya yang ada di dalamnya.

Sejarah Latar Belakang Desa wisata kampung Tajur

Mengulas sedikit bagaiman awal mula kampung ini menjadi kawasan objek wisata di purwakarta yang cukup masyhur. Berdasarkan keterangan dari ketua RT Kang Ayep kampungnya mulai dijadikan sebagai desa wisata pada tahun 2004 dan berlangsung sampai sekarang.

Sejak dari itu warga sekitar mulai menyiapkan banyak kegiatan untuk para wisatawan yang berkunjung ke kampung wisata ini, mulai dari wisata edukasi, wisata religi, homestay dengan view pegunungan dan peersawahan.

Saat memasuki desa tajur sepanjang perjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Burangrang yang dikelilingi persawahan hijau ditambah embusan udara yang sejuk serta sumber air gunung yang mengalir sehingga semakin menambah kesan aslinya Desa ini seperti ini tidak bisa kita dapatkan dari perkotaan

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Tajur

Sebelum merencanakan untuk pergi berlibur ke suatu tempat, tentu Sobat Traveler harus menyiapkan budget yang pas terlebih dahulu. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyiapkan budget yang pas tersebut adalah, dengan mencari tahu berapa harga tiket masuk dari tujuan wisata tersebut.

Membahas tentang harga tiket masuk dari desa Tajur sendiri adalah Rp. 250.000,00, untuk para pengunjung yang ingin menginap di rumah warga dengan kapasitas 6-8 orang, dan Rp. 600.000,00 untuk para wisatawan lembaga yang telah mengantongi izin dari pihak yang bersangkutan.

Nantinya, biaya ini belum termasuk dengan biaya makan, karena biaya makan itu sendiri akan tergantung dengan menu yang diinginkan oleh setiap pengunjung. Untuk kisaran harganya sendiri akan berada di angka Rp. 17.000,00 – Rp. 25.000,00 per porsinya.

Sobat Traveler tidak perlu khawatir hanya ada beberapa menu makanan saja disini, karena sebenarnya Sobat Traveler bisa menikmati berbagai macam menu lezat di desa wisata ini. Mulai dari menu daging, ayam, sayur, tahu, tempe, sambal, dan lain sebagainya bisa dinikmati dengan harga yang terjangkau.

5 Jenis Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Desa Wisata Tajur

Desa Wisata Tajur sering dikatakan sebagai alternatif liburan yang paling wajib untuk dicoba. Sebab, di dalam desa wisata ini Sobat Traveler bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang menyenangkan dan masih berkaitan dengan budaya Sunda.

Sampai disini, Sobat Traveler pasti jadi ingin tahu tentang apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di Desa Wisata Tajur. Untuk mengetahui akan hal itu, simak dengan baik beberapa daftarnya berikut ini:

1.     Kegiatan Mengikuti Keseharian Warga Desa

Tidak hanya warga lokal saja yang merasa tertarik untuk mengikuti kegiatan menyenangkan ini, tapi ada juga beberapa turis asing yang merasa tertarik untuk mengikuti kegiatan ini. Nantinya, Sobat Traveler akan disambut dengan kicauan burung yang merdu ketika berkunjung ke tempat di pagi hari.

Dengan lokasinya yang berdekatan dengan lereng gunung Burangrang, membuat pemandangan di tempat ini patut dibanggakan. Panorama alam yang menakjubkan ini akan semakin membuat Sobat Traveler semangat untuk mengikuti kegiatan keseharian warga desa tersebut.

Sekarang mungkin Sobat Traveler ingin tahu, sebenarnya apa saja kegiatan keseharian warga desa yang bisa diikuti oleh para pengunjung tersebut, dan beberapa kegiatan tersebut adalah:

  • Melihat kegiatan keseharian warga desa dengan mata pencahariannya masing-masing, seperti membudidayakan ikan di rumah. Nantinya, warga desa dapat memperoleh ikan langsung dari kolamnya, tanpa harus pergi ke pasar untuk membelinya.
  • Menyimak cara membuat kue wajik yang dibagikan oleh salah satu warga Desa Wisata Tajur. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, bahwa kue wajik merupakan kue khas Jawa Barat yang memiliki cita rasa melezatkan.
  • Beternak bersama dengan pemilik rumah yang Sobat Traveler pilih. Nantinya, Sobat Traveler bisa mengikuti proses mengurus hewan ternak yang ternyata cukup rumit untuk dilakukan.
  • Bercocok tanam dengan pemilik rumah, jika pemilik rumah tersebut berprofesi sebagai petani di wilayah tersebut. Dengan begitu, momen liburan tersebut akan lebih sulit untuk dilupakan.

2.     Wisata Religi ke Makam Keramat Tajur Purwakarta

Selain bisa dianggap sebagai tempat wisata edukasi, Desa Wisata Tajur juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata religi yang tepat. Bagi para pengunjung yang ingin berziarah ke Makam Keramat Tajur Purwakarta, mereka bisa langsung menuju ke lokasinya.

Namun, jika pengunjung masih belum tahu dimana lokasi tepat dari Makam Keramat Tajur Purwakarta ini, maka warga desa akan membantunya untuk menjangkau lokasi tersebut.

Sobat Traveler bisa menghabiskan hari pertama liburan dengan melakukan wisata religi ke Makam Keramat Tajur Purwakarta terlebih dahulu, baru setelah itu nikmati momen liburan ini dengan melakukan berbagai macam aktivitas lainnya.

3.     Menginap di Homestay Kampung Tajur

Dengan lokasinya yang berada jauh dari wilayah perkotaan, membuat tempat ini memiliki udara yang lebih sejuk dan nuansa yang lebih menenangkan. Jadi, ketika Sobat Traveler menghabiskan waktu liburan di tempat ini, perasaan dan pikiran bisa terasa lebih enteng dari sebelumnya.

Biasanya, para pengunjung tempat ini akan merasa kurang jika berlibur kesini hanya 1 hari saja. Maka dari itu, ada banyak warga di desa ini yang membuka jasa homestay untuk para pengunjungnya.

Dengan melakukan aktivitas seperti ini, Sobat Traveler bisa menambah pengalaman dengan menginap di sebuah rumah tradisional yang sangat khas dengan budaya Sunda. Dengan begitu, momen liburan ini akan terasa lebih menyenangkan.

4.     Menikmati Kuliner Khas Sunda

Kuliner khas Sunda termasuk sangat beragam, dan masing-masing di antaranya akan memiliki cita rasa yang berbeda. Nantinya, Sobat Traveler bisa menikmati berbagai macam jenis kuliner khas Sunda, dengan mengunjungi restoran yang ada di Desa Wisata Tajur itu sendiri.

Bahkan, ada salah satu restoran di tempat ini yang menggunakan rumah panggung untuk menarik perhatian banyak pengunjung. Dengan begitu, Sobat Traveler bisa memakan beragam kuliner lezat di rumah panggung yang sangat indah.

5.     Menyaksikan Aktivitas Tetunggulan

Apa itu aktivitas tetunggulan? Pada dasarnya aktivitas tetunggulan merupakan sebuah aktivitas menumbuk padi di lesung kayu, yang biasanya akan dilakukan oleh para ibu-ibu berusia lanjut di desa tersebut.

Dalam kegiatan ini, akan tercipta sebuah nuansa yang sangat khas dengan budaya Sunda. Apalagi, di dalam desa ini juga warganya akan menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa utamanya.

Jadi, bisa dibilang tempat ini masih sangat kental dengan budaya Sunda yang mendalam. Dengan berkunjung ke Desa Wisata Tajur, Sobat Traveler jadi bisa lebih mengenal budaya Sunda secara lebih dalam lagi. Dengan begitu, momen liburan ini akan memberikan edukasi tersendiri kepada Sobat Traveler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.