Salah satu destinasi wisata alam terbaik yang berada di Purwakarta Jawa Barat adalah Gunung Lembu. Bagi Sobat Traveler yang suka mendaki, Lembu adalah salah satu gunung yang direkomendasikan. Ketinggiannya hanya 792 mdpl saja dengan pesona alamnya yang sangat indah.

Gunung yang satu ini berada di daerah Purwakarta, yang cocok sekali untuk pendaki pemula karena puncaknya yang tak terlalu tinggi. Selain itu, Lembu juga menjadi salah satu gunung yang mudah sekali ditaklukan. Treknya mudah didaki sehingga lebih cocok untuk pendaki pemula.

Daya Tarik Gunung Lembu di Purwakarta

Keindahan pemandangannya menjadi daya tarik utama dari gunung ini, yang bisa membuat para pendaki takjub dengan keindahannya dan betah dalam menghabiskan waktu di sana. Masih banyak daya tarik lainnya yang dimiliki oleh Gunung Lembu Purwakarta seperti berikut ini:

1.       Batu Lembu

Ada sebuah filosofi yang menyebutkan alasan mengapa gunung ini diberi nama Lembu. Salah satu alasannya adalah bentuk gunung yang hampir mirip dengan lembu/sapi yang sedang duduk, jika dilihat dari kejauhan.

Apabila para pendaki dan juga pengunjung ada di atas gunung maka mereka bisa terlihat seperti segerombolan orang, yang sedang berada di atas punggung sapi yang tinggi menjulang karena dilihat dari ketinggian.

Untuk bisa berada di atas batu berukuran besar dengan bentuk yang hampir mirip punggung sapi, maka Sobat Traveler harus melewati trek dengan jarak sekitar 100 m dari puncak yang ketiga sampai ke bagian tebingnya.

Dari tebing itulah Sobat Traveler juga bisa melihat bagaimana keindahan pemandangan Waduk jatiluhur, sekaligus hamparan sawah dan gunung yang lokasinya berada di sekitar Gunung Lembu Purwakarta Jawa Barat.

2.       Panorama dan Keindahan Waduk Jatiluhur

Pada bagian puncak gunung Sobat Traveler juga bisa melihat langsung bagaimana panorama keindahan Waduk Jatiluhur yang sangat jelas, dan juga keindahan dari Pegunungan Batu Andesit.

Tapi tempat yang paling pas dan bagus dalam melihat keindahan dari pemandangan itu bisa dilihat dari puncak ketiga gunung. Bagian puncak ketiga tersebut ada di area Batu Lembu yang juga masih berada di sekitar gunung.

3.       Sunrise dan Sunset

Pada waktu subuh menjelang pagi, merupakan waktu yang tepat untuk para pendaki berada di puncak ketiga gunung. Pada saat itulah lelahnya pendakian terbayar sudah dengan keindahan sunrise atau pemandangan terbitnya matahari dari atas bukit.

Pemandangannya akan semakin sempurna dengan tambahan pemandangan indah dari Gunung Parang dan juga Waduk Jatiluhur. Tempat ini cocok sekali untuk Sobat Traveler yang ingin merasakan ketenangan di alam yang bebas.

4.       Pemandangan Waduk Jatiluhur dari atas Gunung

Dari atas atau puncak gunung tersebut, Sobat Traveler juga bisa melihat langsung keindahan Waduk Jatiluhur. Waduk tersebut adalah sebuah bendungan yang dibangun sejak tahun 1957an, di wilayah Jawa Barat.

Jatiluhur juga menjadi waduk terbesar di Indonesia dengan total waktu pembangunan yang sampai mencapai 10 tahun. Waduk ini dikelola langsung oleh perusahaaan Jasa Tirta II, yang merupakan salah satu PLTA paling besar di dunia.

Pemandangan lainnya yang juga bisa dilihat dari atas puncak gunung adalah orang-orang yang sedang memancing di waduk. Selain itu, Stasiun Satelit Bumi yang dikelola secara langsung oleh PT Indosat juga bisa dilihat dari puncak tinggi Gunung Lembu.

5.       Camping

Daya tarik lainnya yang juga terdapat di gunung ternama di Purwakarta ini adalah, adanya tempat untuk camping. Pengunjung yang berwisata ke gunung ini dan kemalaman bisa bermalam atau berkemah dengan mendirikan tenda.

Tapi luas lahan untuk berkemah ini memang tidak terlalu luas tapi untuk mendirikan beberapa tenda saja, para pengunjung/pendaki bisa beristirahat dan juga menginap di tempat perkemahan tersebut.

Mendirikan tenda di area pegunungan memang bukan solusi yang terlalu buruk. Apalagi kawasan ini memiliki pepohonan yang rimbun yang bisa melindungi para pengunjung dari angin yang kencang, pada saat berada di ketinggian gunung.

6.       Trek Pendakiannya Mudah

Waktu perjalanan yang diperlukan untuk bisa sampai di puncak gunung hanya sekitar 3 jaman saja. Waktu tempuh itu dilakukan dengan menaiki sejumlah tanjakan yang masih terbilang pendek.

Tapi hal itu akan sangat memudahkan pendaki dengan tipe tanjakan yang berundak. Setelah selesai mendaki maka pendaki sudah melewati sebuah hutan bambu.

Setelah itu pendaki bisa melanjutkan kembali perjalanan ke tanah yang lapang, dan dinamakan dengan Pondok Saung Ceria. Terdapat banyak pedagang makanan/minuman di sana sehingga pendaki bisa makan dan juga beristirahat di sana.

Namun perjalanan masih dilanjutkan dengan melewati jalan setapak yang ada di puncak paling pertama. Kemudian dilanjutkan lagi ke jalan setapak yang kedua, yang dimana di sanalah tempat Makam Raden Surya Kencana berada.

Puncak yang ketiga barulah puncak paling akhir dari Gunung Lembu, dan di sanalah para pendaki bisa memuaskan dahaga dengan menikmati pemandangan dari atas puncak gunung.

7.       Petilasan Raden Surya Kencana dan Mbak Jongrang Kalipitung

Seperti gunung-gunung yang ada di wilayah Indonesia lainnya, terdapat cerita-cerita misteri yang menjadi bagian dari cerita misteri dari gunung Lembu ini.

Menurut sejarah Gunung Lembu dan mitos kepercayaan masyarakat sekitar, gunung yang satu ini menjadi tempat patilasan dari Eyang Surya Kencana yang di dalamnya juga terdapat cerita-cerita mistis.

Petilasan tersebut berasal dari orang-orang yang berada di zaman dahulu, karena di sana juga terdapat Makam Mbak Jongrang Kalipitung. Menurut masyarakat setempat, dilarang bersiul di area makam tersebut.

Untuk delapan orang yang hilang di gunung tersebut, masyarakat percaya bahwa mereka semua melanggar aturan dengan bersiul kemudian diambil oleh penunggu gunung tersebut.

Penting bagi para pendaki untuk mengikuti aturan yang ada, walaupun gunung ini dikenal sebagai tempat yang cukup angker.

8.       Satwa Monyet dan Lutung

Banyaknya satwa liar yang masih terjaga dengan baik di gunung juga menjadi salah satu daya tarik dari gunung itu sendiri. Satwa liar yang bisa Sobat Traveling lihat di sana adalah monyet dan juga lutung.

Bahkan pendaki akan sangat familiar dengan suara sejumlah satwa tersebut pada saat sedang mendaki. Kawasan gunungnya pun masih sangat rindang sehingga membuat habitat dari sejumlah satwa di sana masih terjaga dengan baik walaupun hidup di alam liar.

Tapi kawasan gunung ini masih aman dikunjungi, malah akan terkesan asri dengan pemandangannya yang alami dan suara satwa yang saling bersahutan.

Alamat, Harga Tiket Masuk, dan Rute Lokasi Gunung Lembu

Rute untuk menuju ke Gunung Lembu sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan memulai perjalanan dari Taman Air Mancur Sribaduga. Jaraknya dari sana hanya sekitar 25 Km saja, karena lokasinya pun dekat dengan Waduk Jatiluhur.

Alamat gunungnya berada di Desa Panyindangan Kec. Sukatani Purwakarta. Waktu tempuh dari pusat Kota Purwakarta hanya sejam saja sampai berada di tempat parkir lokasi wisata. Setelah sampai di parkiran perjalanan pun bisa dilanjutkan dengan trekking hingga ke puncak gunung.

Biaya tiket masuk ke gunung yaitu Rp.10.000,- sedangkan untuk biaya parkirnya hanya Rp.5000,-. Jam bukanya setiap hari dan selama 24 jam penuh, sehingga Sobat Traveler tidak perlu bertanya lagi kapan jam buka atau tutup kawasan wisata tersebut.

Untuk lebih mudah sobat traveler menuju kesana, kami telah menyediakan link gmaps menuju lokasi basecamp dari wisata gunung lembu. Linknya ada dibawah ini

Panyindangan, Kec. Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Gunung yang ketinggiannya tidak terlalu tinggi ini sangat cocok dikunjungi saat liburan, dan menjadi tempat yang tepat untuk melepaskan penat atau mencari kedamaian.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Wisata Alam Gunung Lembu Purwakarta

Ada kegiatan menarik apa saja yang bisa dilakukan di Gunung Lembu malam hari atau siang hari? Simak pembahasannya di bawah ini:

1.       Trekking

Kegiatan yang utama yang bisa dilakukan di gunung adalah mendaki atau biasa disebut trekking. Kegiatan yang satu ini wajib dilakukan, untuk bisa menikmati di mana keseruannya.

Trek untuk bisa sampai di puncak gunung juga tidak terlalu sulit sehingga bisa dilewati dengan mudah. Puncak yang tak terlalu tinggi di sana akan membuat para pendaki puas dalam menikmati keindahan pemandangan di sekitarnya.

Pohon-pohon hijau dan juga menjulang tinggi menjadi hal-hal yang ditemui selama perjalanan trekking tersebut. Gunung memiliki ciri khas yaitu tempat pendakian yang tingkat landainya cukup.

Tak heran jika tempat ini menjadi tempat latihan bagi orang-orang yang ingin belajar untuk mendaki, ke gunung yang lebih tinggi. Jalur pendakiannya pun pendek sehingga untuk sampai di puncak pun tidak akan lama.

2.       Menikmati Sunrise dan Sunset

Seperti yang telah dibahas di atas, daya tarik dari gunung ini adalah memiliki sunrise dan sunset. Maka waktu yang paling pas untuk mendaki adalah pagi hari.

Dengan melihat keindahan matahari terbit atau sunrise maka hal itu menjadi sesuatu yang sangat mengagumkan. Sobat Traveler juga akan disambut dengan keindahan Gunung Parang dan Waduk Jatiluhur saat menikmati sunrise.

Latar belakang pemandangannya akan menjadi daya tarik tersendiri. Menikmati keindahan sunrise di Gunung Lembu akan menjadi kegiatan menarik yang memuaskan. Sama halnya dengan pesona dari matahari terbenam atau sunset, yang sama menakjubkannya. Setiap pendaki yang datang ke sana tentunya akan mengejar momen sunset dan sunrise tersebut.

3.       Camping

Tersedianya tempat camping di sana juga membuat banyak pendaki yang sekaligus bermalam di tenda perkemahan. Aktivitas kemah tersebut juga sama serunya dengan aktivitas lain yang bisa dilakukan di area gunung.

Pastikan Sobat Traveler sudah membawa perlengkapan kemah yang lengkap, jika berniat berkemah di sana. Perlengkapan seperti sleeping bag, tenda, peralatan memasak, dan masih banyak lagi, sebaiknya dipersiapkan terlebih dulu.

Tidak adanya tempat penyewaan perlengkapan tenda memang sedikit membuat para pendakit ribet, tapi kepuasan yang diperoleh saat mendaki sekaligus berkemah di sana akan menjadi hal yang memuaskan.

Galeri Foto Gunung Lembu Purwakarta

Review Gunung Lembu Purwakarta

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja yang ada di tempat wisata Gunung Lembu ini simak video singkat dibawah ini agar kamu tercerahkan.

Bung Fiersa Besari saja sudah menaklukan gunung ini, Kamu kapan nyusul ?

Fasilitas yang ada di Gunung Lembu Purwakarta

Lalu, apa saja fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola kawasan wisata gunung ini? Pastinya adalah lahan parkir yang luas, toilet, dan juga tim pemandu yang akan memandu para pendaki supaya tidak tersesat saat melakukan pendakian.

Namun sayangnya, di area sekitar gunung atau yang dekat dengan gunung tidak ada tempat penginapan seperti vila atau hotel. Sehingga bagi para pendaki atau pengunjung yang ingin datang ke sana bisa mendirikan tenda saja untuk menginap.

Fasilitas lainnya yang juga sudah tersedia di gunung adalah mushola sehingga setiap pendaki bisa menyisihkan waktu terlebih dulu untuk beribadah.

Kelengkapan fasilitas yang disediakan di sana, membuat banyak pendaki yang tertarik melakukan pendakian di gunung tersebut. Sobat Traveler yang kebetulan sedang berada di daerah Purwakarta bisa sekaligus berwisata atau mendaki ke Gunung Lembu.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *