tempat wisata alam waduk cirata

Waduk lainnya yang terkenal di Jawa Barat selain Waduk Jatiluhur adalah Waduk Cirata. Waduk yang satu ini merupakan genangan air yang sangat luas dan mengaliri tiga kabupaten diantaranya yaitu Cianjur, Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat.

Keindahan alam di waduk tersebut sangat asri, tak heran jika keindahan alamnya menjadi daya tarik utama di Cirata. Selain itu, banyak juga wahana yang seru dan bisa Sobat Traveler kunjungi saat berwisata ke waduk tersebut. Tak ayal jika tempat wisata alam di Purwakarta satu ini selalu ramai oleh pengunjung.

Tempat Wisata Ternama Waduk Cirata Purwakarta

Bendungan Cirata atau yang juga sering disebut dengan waduk ini merupakan trio waduk yang populer di Jawa Barat. Cirata juga menopang kebutuhan PLTA paling besar se-Asia Tenggara.

Tak hanya itu saja, tapi waduk tersebut juga menjadi tempat pengendali debit air, budidaya ikan, hingga transportasi air dan pertanian. Mulai dari tahun 1982 sampai tahun 1987 Waduk Cirata Jawa Barat ini dibangun.

Proses pembangunannya dilakukan dengan cara membendung sungai lainnya yaitu Citarum. Saat itu terdapat 5000 SDM yang ikut membangun waduk, baik tenaga asing ataupun tenaga dari Indonesia.

Namun setelah pembangunannya selesai, ada beberapa desa yang terhapus dari peta Indonesia karena ikut tenggelam. Secara tak langsung hal itu membuat ekosistem berubah, yang tadinya perairan mengalir atau ekosistem daratan berubah menjadi ekosistem perairan yang tergenang.

Tujuan dari pembangunan waduk tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan listrik yang berada di wilayah Pulau Bali dan Pulau Jawa. Hal itu disebabkan oleh potensi yang besar dari Sungai Citarum sehingga jika tidak dimanfaatkan akan sangat sayang sekali.

Review Waduk Cirata Purwakarta

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja yang ada di tempat wisata Waduk Cirata ini simak video singkat dibawah ini agar kamu tercerahkan.

Daya Tarik dari Bendungan Waduk Cirata

Sobat Traveler juga harus tahu ya, apa saja daya tarik yang dimiliki oleh waduk ini sehingga menjadi tempat wisata ternama di Jawa Barat. Berikut ini beberapa daya tarik dari Bendungan Cirata yang populer:

1.    Menjadi Pesona PLTA Terbesar

Sebagai PLTA paling besar se-Asia Tenggara waduk ini mempunyai infrastruktur yang memadai, karena memang dirawat dengan sangat baik. Luas dari bendungan tersebut sangat luas karena menampung 3 kabupaten yaitu Cianjur, Purwakarta, dan Bandung Barat.

Gedung kontrol kendalinya berada di area Bandung Barat dengan powerhouse pembangkir listrik yang berlokasi di Purwakarta. PLTA terbesar ini juga memiliki empat buah terowongan dengan panjang mencapai 640 m dan diameternya 10 m.

Setiap terowongan memiliki delapan unit turbin, delapan unit generator, dan delapan unit trafo. Untuk lokasi bunker terowongannya berada di bagian bawah bukit dengan pintu yang terlihat dari waduk.

2.    Tempat Wisata Pendidikan

Selain menjelajahi pesona alam yang terhampar dengan indah di Waduk Cirata pembangkit listrik ini, ada juga tempat wisata pendidikannya. Wisata pendidikan di sana sangat bermanfaat, seperti kegiatan dalam menelusuri budidaya ikan atau proses pertanian.

Selain itu para pengunjung juga bisa datang ke Galeri Sejarah yang ada di sana. Galeri tersebut memang didirikan oleh PLTA Cirata supaya bisa mengedukasi masyarakat sekitar dan wisatawan.

Galeri Sejarah ini juga bisa menambah wawasan setiap orang yang datang ke sana.

3.    Cerita Mistis dari Bendungan Cirata

Selain keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh waduk ternama ini, daya tarik lainnya dari Waduk Cirata adalah cerita mistisnya yang berkembang di sana.

Salah satu misteri yang terkenal dari bendungan ini adalah, hotel dengan bentuk vila yang sudah kuno dan berada di sekitar waduk.

Vila tersebut sebenarnya masih menarik dan kondisinya masih bagus, tetapi menurut masyarakat sekitar sering terlihat penampakan di sana yang membuat orang-orang enggan menginap di vila kuno itu.

Ada juga cerita legenda lainnya dari Bendungan Cirata, tentang makhluk halus atau Banaspati yang merupakan makhluk dengan wujud manusia tetapi dari tubuhnya mengeluarkan api.

4.    Keindahan Alam Waduk Cirata

Keindahan alam dari waduk ini juga sangat memesona, karena Sobat Traveler akan langsung melihat hamparan air saat masuk ke lokasi. Hamparan air ini dihiasi dengan pembudidayaan pada ikan jaring apung.

Pada bagian pinggiran bendungan ada lagi pemandangan menakjubkan dari perahu nelayan yang berjejer. Seluruh panorama tersebut semakin lengkap, karena kawasan waduk dikelilingi oleh perbukitan yang hijau.

Pemandangan alam di sana akan semakin menakjubkan saat senja tiba, karena terlihat seperti lukisan yang sangat memukau. Sobat Traveler juga bisa melihat eksotis dan megahnya pemandangan ketika matahari sedang terbenam.

5.    Wisata Kuliner

Tak lengkap rasanya jika berwisata ke PLTA Waduk Cirata tetapi tidak menikmati sajian kulinernya. Ada banyak tempat kuliner yang harus Sobat Traveler coba di kawasan wisata tersebut.

Banyak juga warung-warung yang menyajikan menu makanan beragam yang lezat. Coba juga makanan khas Purwakarta yaitu sate maranggi, ikan bakar, nasi liwet, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rute Lokasi, Alamat, dan Harga Tiket Masuk Bendungan Cirata

Ada banyak cara dan jalan untuk menuju ke waduk ini, karena berada di tiga kabupaten berbeda. Tapi kebanyakan orang akan memilih tempat wisata kuliner yang ternama yaitu di Cipeundeuy Purwakarta.

Tempat kuliner ini menjadi lokasi utama yang bisa Sobat Traveler pilih, sambil menikmati keindahan waduk itu sendiri. Jarak dari pusat Kota Purwakarta hanya sekitar 27 Km saja dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 60 menit.

Akses untuk menuju ke waduk juga mudah karena kini sudah ada jalan tol yang membuat perjalanan menjadi lebih cepat. Bendungan ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam penuh dengan harga tiket masuknya yang sangat murah yaitu Rp.10.000,- saja.

Kegiatan Menarik di Wisata Alam Waduk Cirata

Jadi, ada kegiatan menarik apa saja yang bisa dilakukan di tempat wisata Cirata ini? Tentu ada banyak sekali. Sobat Traveler bisa melakukan banyak hal di sana, seperti kegiatan menarik dan seru berikut ini:

1.    Berkeliling Waduk Menggunakan Perahu

Untuk menikmati keindahan alamnya dari jarak dekat maka cobalah untuk menjelajahi kawasan perairan di sana, dengan menggunakan perahu. Sobat Traveler bisa melihat tempat budidaya ikan jaring terapung dari jarak yang dekat, jika menaiki perahu.

Wisata menggunakan perahu ini biasanya akan menghabiskan waktu sekitar 2 – 3 jam lamanya, sambil mengelilingi wilayah perairan dengan pemandangan alamnya yang memukau.

2.    Berolahraga

Kegiatan menarik lainnya yang juga bisa dilakukan di sana adalah berolahraga. Infrastruktur Cirata sudah dibangun dengan lebih baik, jalanannya pun telah diaspal hingga halus.

Keuntungan dari bagusnya infrastruktur tersebut adalah bisa dimanfaatkan untuk tempat berolahraga, seperti bersepeda dan olahraga jogging. Olahraga di kawasan tersebut akan semakin menyenangkan dengan angin sepoi-sepoi yang berhembus di sana.

3.    Memancing

Masih ada lagi kegiatan menarik dan seru lainnya yang juga bisa dilakukan di Bendungan Cirata ini. Salah satunya adalah melakukan kegiatan memancing, karena mancing di Waduk Cirata menjadi tempat paling pas dalam menyalurkan hobi.

Mengapa harus memancing? Karena kawasan ini juga menjadi tempat budidaya ikan dengan beragam ikan air tawar yang terdiri dari berbagai ukuran. Banyak sekali spot khusus untuk memancing di waduk tersebut.

Spot memancing yang sudah terkenal di Cirata diantaranya yaitu Babakan Garut, Pasir Ucing, Jangari, Pasir Geulis atau Cipicung, Palumbon, dan juga Calincing. Budidaya ikan-ikan segar dan besar di sana menjadi peluang yang sangat bagus untuk mendapat ikan saat mancing.

4.    Hunting Foto

Keindahan yang sangat memukau di kawasan wisata ini, sayang sekali jika tidak diabadikan dengan mengambil foto. Maka salah satu kegiatan menarik yang juga bisa Sobat Traveler lakukan di Cirata adalah hunting foto.

Ada banyak sekali spot-spot yang instagenic di kawasan waduk, yang akan menghasilkan beragam jenis potret ciamik dan memesona. Apalagi jika Sobat Traveler datang ke sana saat senja tiba, maka hasil fotonya pun akan sangat mengagumkan.

Fasilitas di Waduk Cirata

Infrastruktur yang memadai dari waduk ini membuat bendungan tersebut menjadi salah satu destinasi wisata favorit banyak orang. Hal itu berasal dari keseriusan para pihak pengelola sehingga fasilitas yang tersedia pun sudah lengkap.

Sejumlah fasilitas yang tersedia di Waduk Cirata diantaranya yaitu:

  • Warung wisata
  • Wahana permainan air
  • Toilet bersih di sejumlah area
  • Mushola
  • Spot foto yang instagenic
  • Perahu wisata
  • Gazebo
  • Penginapan di sekitar tempat wisata

Lengkapnya fasilitas yang ada di sana, membuat para wisatawan atau pengunjung betah berwisata di Cirata. Bendungan ini sudah beroperasi kurang lebih 30 tahun lebih, sehingga kualitas airnya mengalami pencemaran dan sedimentasi.

Keunikan dari Kampung di Atas Waduk Cirata Cianjur

Pada umumnya sebuah permukiman akan didirikan di daratan supaya aksesnya mudah. Tapi berbeda dengan Kampung Jangari yang berada di Kabupaten Cianjur yang letaknya berada di atas perairan bendungan Cirata tersebut.

Apa saja keunikan dari kampung tersebut? Simak pembahasan lengkap mengenai Kampung Jangari yang berada di atas waduk:

1.    Melihat Hilir Mudik Perahu

Kawasan yang letaknya berada di atas waduk ini membuat masyarakatnya menggunakan perahu mensin, sebagai transportasi dalam melakukan segala aktivitasnya.

Perahu motor yang dipakai oleh warga dalam bekerja sebagai petani ikan yang hilir mudik di beberapa keramba, dan untuk membeli kebutuhan logistik di daratan. Salah satu warga di sana pun menceritakan bagaimana mereka menghabiskan waktu di atas perairan.

Ia juga bercerita bahwa untuk berbelanja ke pasar atau kebutuhan rumah tangga maka istrinya harus naik ke daratan, dengan menggunakan perahu tersebut. Anak-anak yang bermain di sekitar rumah biasanya akan memancing ikan di pinggir waduk.

Mereka juga sudah terbiasa dan beradaptasi dengan kegiatan yang dilakukan di atas perairan itu sendiri.

2.    Memiliki Rumah yang Minimalis

Pesona lainnya yang dimiliki oleh waduk ternama yang satu ini adalah, bentuk bangunan dan rumah-rumah warga di kampung tersebut yang sangat minimalis. Hal itu bisa dilihat dari struktur kayu dan dinding bilik yang digunakan sebagai pondasi.

Namun kondisi rumahnya sendiri nyaman dengan pemandangan waduk yang bisa dilihat langsung dari rumah. Dapurnya rapi dengan kotak yang tempatnya mengarah langsung ke arah waduk, untuk tempat pengambilan air.

3.    Terdapat Warung Terapung

Keunikan lainnya adalah adanya warung terapung yang juga berada di atas perairan. Warung apung keliling ini menjual berbagai kebutuhan masyarakat sekitar. Barang yang dijual di sana beragam mulai dari nasi, buah, roti, minuman, dan sebagainya.

Galeri Foto Wisata Waduk Cirata

Nah itu tadi ulasan lengkap mengenai destinasi wisata alam waduk cirata purawakarta. Dari sekian banyak keunikan dan keindahan yang dimiliki oleh Waduk Cirata, kesimpulannya waduk ini sangat cocok untuk destinasi liburan dan tempat wisata bersama keluarga. Buat yang datang dari jauh terdapat juga penginapan di sekitar waduk cirata.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *