Kamu sedang berlibur di Kabupaten Purwakarta ? Jangan lupa untuk pergi ke tempat yang iconik satu ini. Taman Air Sri Baduga mencatatkan sejarah sebagai taman air mancur terbesar se-Asia Tenggara, penasaran bagaimana keindahannya ? Langsung saja datang ke Purwakarta, letaknya hanya berkisar 500 meter jika dari Stasiun Purwakarta.

Cukup berjalan santai sambil melihat suasana kota Purwakarta, kamu akan sampai ke Taman dengan nama lain Situ Buleud ini.

Perjalanan yang hanya memakan waktu 10 menit darai stasiun cocok buat sobat traveler kunjungi jika hanya mempunyai waktu liburan yang singkat.

Waktu yang paling cocok untuk pergi kesini yaitu pada saat malam hari di akhir pekan. Kamu dapat menyaksikan keindahan taman air mancur dengan kelap-kelip lampu disekitarnya sambil menikmati jajanan yang dijual di pinggir jalan.

selain itu setiap Sabtu malam, akan diadakan pertunjukan air mancur yang fantastis. Taman yang telah diresmikan sejak tahun 2015 lalu sukses membuat puluhan ribu pengunjung terkesima melihat keindahannya.

Tentang Taman Sri Baduga dan Situ Buleud

Sebelum resmi menjadi Kabupaten Purwakarta, saat masih hutan belantara, Situ Buleud merupakan lokasi berkubangnya para badak.

Jadi badak-badak tersebut mengelilingi Situ Buleud sambil berendam di dalamnya. Saat ini, sati-satunya badak yang masih tersisa hanyalah patung badak putih yang ada di depan Taman Sri Baduga.

Patung tersebut didirikan untuk mengenang para badak yang menjaga kawasan tersebut sekaligus menjadi simbol Situ Buleud.

Di Situ Buleud pula kini terdapat sebuah air mancur dan patung Sri Baduga yang dikelilingi oleh 4 ekor macan putih.

Kabarnya, dipilihnya Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi menjadi ikon utama adalah karena beliau merupakan sosok raja yang merakyat dan mengedapankan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya, nilai ini menjadi pedoman masyarakat Purwakarta dalam berkehidupan.

Sebelum semegah sekarang, dulunya taman ini hanyalah taman biasa yang digunakan untuk berolahraga pagi atau duduk-duduk santai.

Semenjak direnovasi kini berubah menjadi Taman Air Sri Baduga yang disulap menjadi taman yang mirip dengan taman air mancur di Danau Burj Khalifa.

Dan sampai detik ini Taman Air Sri Baduga dinobatkan sebagai taman terbesar dan terbaik se-Asia Tenggara.

Jam Operasional

Jika kamu ingin mengunjungi Taman Situ Buleud, taman ini buka mulai dari jam 06 pagi sampai jam 09 pagi. Biasanya orang-orang yang datang pada waktu tersebut orang yang hendak berolahraga pagi.

Kemudian akan buka kembali pada jam 5.30 sore sampai jam 09 malam. Siapapun boleh memasuki kawasan ini tanpa dipungut biaya sepeserpun, palingan hanya membayar parkir kendaraaan saja.

Kamu pasti akan terkesima dengan keindahan dan kebersihannya, hal itu mungkin karena taman ini tidak dibuka selama 24 jam untuk menjaga keasrian dan kebersihan demi kenyamanan para pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Buleud

Tempat wisata satu ini banyak menawarkan sejuta keindahan yang dapat kamu nikmati secara langsung. Kamu tidak hanya dapat menyaksikan danau bulat saja, melainkan banyak daya tarik lainnya yang bisa Kamu peroleh saat mengunjungi Situ Buleud. Berikut adalah daya tarik dari situ cantik satu ini:

Pertunjukan Air Mancur

Taman Air Sri Baduga dilengkapi dengan pipa air sebanyak 100 yang dapat memancarkan air setinggi hingga 10 meter.

Seluruh pipa air tersebut dipasang mengelilingi taman air seluas 2 hektar. Selain itu juga terdapat lampu hias warna-warni dan musik yang membuat lampu akan menari mengikuti irama lagu yang berdendang.

Pertunjukan air mancur tidak setiap saat diadakan, hanya diadakan di setiap Sabtu malam mulai pukul 19.30 sampai dengan pukul 22.30 malam.

Bagi kamu yang ingin menyaksikan keindahan pertunjukan air mancur, sebaiknya untuk datang lebih awal menjelang pertunjukan dimulai. Karena dipastikan tempat ini bakal dipadati oleh pengunjung melihat itu adalah malam minggu.

Sambil menunggu pertunjukan dimulai kamu bisa jalan disekitar taman, banyak pedagang makanan pinggir jalan mulai dari sosis bakar, tahu bulat, jagung bakar, telur gulung, minuman dingin, dan masih banyak lagi. kamu bisa membelinya untuk cemilan sewaktu menonton pertunjukan nanti.

Tapi, jika kamu ingin sekadar melihat dan menikmati suasana taman air mancur Sri Baduga, kamu bisa datang kapanpun setiap harinya.

Pada hari biasa, air mancur akan tetap menyala namun tidak akan dihiasi oleh lampu kerlap-kerlip warna-warni.

Terdapat Banyak Ikan Hias

Nah, bagi kamu yang suka dengan ikan, di Situ Buleud ini kamu dapat menemui banyak ikan hias seperti ikan koi, ikan mas, dan lain sebagainya.

Menyaksikan kerumunan ikan merupakan aktivitas yang cukup menyenangkan, bisa menenangkan hati dan pikiran.

Pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan ikan-ikan namun dilarang memberi makan dengan makanan yang bukan seharusnya, selain itu pengunjung juga dilarang untuk mengambil atau memancing ikan yang tersedia.

Trek Joging dan Sepeda yang Bagus

Namanya juga taman pasti terdapat fasilitas olahraga yang bisa digunakan bagi setiap pengunjung yang datang.

Kamu bisa menggunakan trek yang tersedia di sekeliling danau untuk berolahraga, baik itu untuk joging ataupun bersepeda.

Tentu akan menyenangkan bukan berolahraga sambil menikmati indahnya danau dengan suasana yang membuat kamu betah dan bersemangat untuk berolahraga di sini.

Spot Menikmati Indahnya Sunset Sore

Banyak para pemuda yang datang ke Taman Air Mancur Sri Baduga hanya untuk bersantai sambil menikmati suasana sore hari dan juga menyaksikan indahnya matahari terbenam di sudut Situ Buleud.

Banyak juga wisatawan yang berswafoto karena moment ini tentu akan sangat berkesan dan susah menemukan moment yang sama dikemudian hari.

Panggung Pagelaran Seni

Selain tempat untuk bersantai dan berolahraga, Taman Sri Baduga juga kerap menyelanggarakan pagelaran budaya atau acara lainnya seperti konser, pentas budaya, karnaval, festival, pertunjukan seni tari, dan kegiatan lainnya yang menggunakan panggung sebagai medianya. Panggun ini biasa digunakan saat mengadakan event untuk manggung.

Fungsi Lain Taman Air Sri Baduga

Selain menampilan pertunjukan air mancur di saat malam hari, ada banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan disini, seperti berolah raga di pagi hari sambil menikmati udara segar, track joging yang tersedia sangat nyaman dan bersih, banyak orang yang joging di Taman Air Sri Baduga mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Kamu juga bisa duduk santai dipinggir taman sambil menikmati jajanan pinggir jalan, atau memberi makan ikan-ikan yang terdapat di kolam.

Kamu bisa membeli pakan ikan seharga Rp 10.000, per bungkusnya. Ikan di Situ Buleud ini sangat banyak sehingga akan menarik perhatian pengunjung, terutama anak kecil. Banyak pengunjung yang memberi makan ikan-ikan tersebut di pinggiran kolam.

Walaupun disekitaran kolam telah dibangun pagar, para orang tua tetap harus mengawasi anak-anak masing agar tidak tercebur ke dalam kolam.

Jika kamu datang di hari Minggu, di bagian luar taman air mancur akan ada pasar minggu, dimana banyak orang yang berjualan menjajakan makanan berat ataupun cemilan ringan.

Di sekitaran taman juga masih ada taman lainnya seperti Taman Maya datar, Taman Pasanggrahan, dan taman lainnya dekat alun-alun Purwakarta.

Selain itu, letak Taman Air Sri baduga juga tidak jauh dengan masjid agung, kurang lebih bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit.

Alamat Rute Menuju Wisata Air Mancur Sri Baduga

Secara geografis situ buleud berlokasi di Desa Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kamu bisa menggunakan bantuan google maps untuk lebih mudah menuju kesana, karena saat ini semua sudah tersedia di internet, jadi kamu tidak usah repot-repot bertanya kepada masyarakat sekitar.

Jika ingin pergi ke Taman Air Sri Baduga menggunakan kendaraan pribadi, kamu yang dari arah Jakarta dapat menempuh perjalanan darat melalui tol Jakarta-Cikampek lalu dilanjutkan ke Tol Cipularang dan keluar di pintu Tol Jatiluhur, selanjutnya pergi arah Purwakarta melalui jalan Ciganea, Jalan Basuki Rahmat. Situ Buleud berada diantara jalan siliwangi dan jalan K.K Singiwinata.

Jika menempuh dengan kendaraan umum, kamu bisa menggunakan bus jurusan Purwakarta dan turun di terminal Ciganea. Selanjutnya kamu naik angkot 04 jurusan Ciganea-Simpang, dan turun di Jalan K.K Singiwinata, sementara jika menaiki kereta turun di stasiun Purwakarta, kemudian lanjut menggunakan angkot 02 dan turun di Jalan K.K Singiwinata.

Jika ingin mudahnya bisa mengakses google maps yang telah kami sediakan dibawah ini untuk membantu perjalanan mu menuju ke Taman Air Sri Baduga.

Jl. K.K Singawinata No.73, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41111

Review Wisata Taman Air Sri Baduga Purwakarta

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja yang ada di tempat wisata Taman Air Sri Baduga Purwakarta ini simak video singkat dibawah ini agar kamu tercerahkan.

Hanya berkunjung ke Taman Air Sri Baduga saja sudah dibuat takjub dengan keindahannya. Jika kamu memiliki waktu luang, sempatkanlah untuk berkunjung ke kota ini dan mengenalnya lebih jauh mengenai objek wisata Purwakarta yang beragam, budaya, dan sejarahnya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *