Kabupaten Purwakarta adalah salah satu daerah teritorial provinsi Jawa Barat. Daerah yang bersebelahan dengan Subang ini mempunyai kawasan yang masih asri dan alami.

Alhasil banyak wisata alam yang bermunculan dikawasan asri ini. Para wisatawan yang berkunjung juga beraneka ragam tidak hanya masyarakat lokal saja,

melainkan banyak pula masyarakat luar Purwakarta seperti Bandung, Bogor, Subang, yang berwisata kesini. Salah satu destinasi wisata alam yang sedang hits saat ini yaitu Urban Farming Purwakarta.

Urban Farming sendiri merupakan istilah bagaimana teknik bercocok tanam di perkotaan, dan disinilah semuanya akan diajari bagaiaman cara dan teknik yang benar.

Apalagi ditambah kegiatan ini sedang banyak digemari oleh masyrakat perkotaan. Hal ini sejalan dengan latar belakang didirakannya tempat wisata ini yaitu untuk menggalakkan pertanian di perkotaan dan mengkampanyekan gerakan Green City Movement.

Mengusung konsep tempat wisata edukatif pertanian dan peternakan yang dibalut dengan arsitektur ala Eropa.

Hal ini tampak jelas pada desain dan arsitektur bangunannya menyerupai seperti yang ada di Eropa. Karena mempunyai konsep yang unik sehingga menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Banyak para wisatawan yang berkunjung untuk liburan bersama keluarga. Penasaran ada apa saja di Urban Farming ini ? Simak selengkapnya berikut ini.

Lokasi Alamat Serta Rute Menuju Urban Farming Purwakarta

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Urban Farming, tempat wisata alam satu ini lokasinya berada di Jalan Pertanian, Benteng, Cempaka, Kab Purwakarta.

Untuk rute menuju kesana terbilang cukup mudah karena lokasinya yang strategis membuat akses ke tempat tersebut cukup mudah.

Walaupun lokasinya berada di tengah pedesaan, namun akses jalan yang ada cukup bagus sehingga akan memudahkan siapapun yang ingin mengunjunginya.

Jika kamu berangkat dari pusat kota Purwakarta menggunakan kendaraan pribadi mobil atau motor, kamu nantinya akan menempuh jarak sekitar 10,5 kilometer. Sehingga untuk bisa sampai dibutuhkan waktu sekitar 30-40 menitan.

Rute yang bisa kamu ambil yaitu melewati jalan Ganda Negara. Kemudian, kamu dapat melanjutkan menuju ke Jalan Ipik Gandamanah dan Selanjutnya menuju ke Jalan Cempaka.

Setelah itu, kamu akan memasuki kawasan benteng, yang berarti sebentar lagi kamu akan sampai ditempat tujuan.

Sepanjang perjalanan akan banyak papan-papan petunjuk arah dipinggiran jalan yang akan membantumu menuntun ke arah Urban Farming.

Namun, jika kamu baru pertama kali menuju kesana dan tidak yakin dengan petunjuk yang ada, kamu juga bisa menggunakan bantuan google maps untuk memandu.

Untuk lebih singkatnya bisa gunakan maps yang telah kami cantumkan dibawah ini

Benteng, Kec. Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41181

Daya Tarik Wisata Urban Farming Center

Banyak sekali aktivitas dan kegiatan edukasi yang bisa kamu lakukan disini, tempat wisata milik perusahaan benih hortikultura PT EWINDO ini merupakan tempat untuk pusat pelatihan pertanian perkotaan dan juga sekaligus dibuka untuk umum sebagai tempat wisata di Purwakarta.

Saat kamu berkunjung kesini kamu akan dapat mengenal lebih dalam mengenai media tanam sampai penyemaian benih.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mencoba langsung pelatihan pembibitan dari berbagai macam jenis varietas hortikultura. Saat pertama kali masuk ke kawasan ini, kamu pasti tidak akan menyangka bahwa lokasi satu ini merupakan tempat untuk pusat pelatihan pertanian. Setelah memasuki gerbang utamanya saja nuansa Eropa akan langsung terasa.

Dengan luas lahan mencapai 6500 meter persegi, kamu akan puas berkeliling menjelajahi kawasan wisata ini seharian penuh.

Ditambah dengan fasilitas yang ada terbilang cukup lengkap, tentunya akan menunjang kamu yang ingin berkeliling atau menambah wawasan seputar pertanian.

Tempat wisata alam satu ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang sedang berliburan di Kabupaten Purwakarta.

Mengusung konsep ala Eropa, kamu pun akan dibuat betah berlama-lama di tempat wisata satu ini. Bahkan desain arsitektur pada bangunannya tampak terlihat elegan dan mirip seperti aslinya.

Sehingga sudah tak mengherankan bila tempat ini seringkali dituju para wisatawan hanya untuk berswafoto atau hunting photo.

Sebab kawasan rumah Eropa tersebut sangatlah unik dan cocok untuk dijadikan background tempat berfoto.

Sudah tidak diragukan lagi Urban Farming menjadi tempat yang pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga diakhir pekan.

Selanjutnya, kamu akan menemukan banyak jenis varietas tanaman bunga yang berwarna-warni. Hal yang memanjakan mata bukan ?

Ditambah dengan suasana sekitarnya yang asri dan sejuk karena banyak ditumbuhi oleh pepohonan rindang sehingga hembusan angin sepoi-sepoi dapat kamu rasakan saat berada disini.

Harga Tiket Masuk Urban Farming Terbaru 2022

Untuk harga tiket masuk wisata Urban Farming terbilang cukup terjangkau. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000 saja untuk bisa masuk kedalamnya.

Harga tersebut sudah sepaket dengan bibit tanaman. Jadi kamu bisa bebas memilih satu bibit tanaman untuk nantinya ditanam dilahan yang telah disediakan.

Jam Buka dan Operasional Urban Farming Terbaru

Sedangkan informasi mengenai jam bukanya. Urban Farming mulai buka pada hari Sabtu dan Minggu saja, Tapi semua aturan yang berlaku saat ini bisa berubah sewaktu-waktu melihat kondisi kedepannya.

Kamu bisa bebas berkeliling di dalamnya mulai dari pukul 8 pagi sampai pukul 4 sore. Tentu saja dengan jam operasional yang cukup lama tersebut kamu bisa bebas seharian keliling sambil melihat pemandangan bunga dan berfoto di spot foto instagramable yang tersedia.

Aktivitas yang Menarik Untuk Dilakukan di Urban Farming Purwakarta

1. Berfoto-Foto

Kegiatan yang tak boleh kamu lewatkan saat kamu berkunjung kesini, bisa dibilang wajib hukumnya, hehe. Ada banyak sekali spot cantik yang bisa kamu pakai untuk tempat berfoto. Salah satunya adalah spot di rumah dengan arsitektur Eropa yang mempesona.

Spot foto satu ini tidak pernah sepi pengunjung karena mempunyai background yang cukup unik. Rumah petani ala Eropa ini juga dicat warna-warni seperti pink, hijau, kuning, coklat. Ditambah lagi dengan hiasan tanaman dan pepohonan disekitarnya yang membuat semakin lebih mempesona.

Selain itu ada spot foto instagramable lainnya yang tak kalah mempesona, yaitu ditaman bunga. Disini banyak bertumbuhan bunga yang warna-warni dan berbagai macam jenisnya. Spot yang cantik untuk dijadikan tempat untuk berfoto. Kamu juga bisa menggunakan lokasi ini untuk photo pre wedding melihat banyak spot unik dan keren.

2. Belajar Bercocok Tanam

Sewaktu berada di sini, kamu tak hanya sekedar berjalan-jalan mengelilingi kompleks dan berfoto ria saja, melainkan juga mendapatkan banyak ilmu baru yang bermanfaat.

Hal itu dibuktikan sewaktu pertama kali masuk, setiap pengunjung akan diberikan bibit yang nantinya akan ditanama pada lahan yang tersedia. Tentu saja wisata ini menjadi tempat wisata yang memberikan nuansa berbeda dibandingkan dengan tempat lain.

Pengunjung akan diberikan kebebasan untuk belajar apapun yang disukai tentang bercocok tanam. Bahkan, terdapat trainer yang siap membantu setiap pengunjung jika membutuhkan bimbingan, sehingga kamupun akan dapat belajar secara maksimal bagaimana memanfaatkan lahan terbatas untuk bercocok tanam.

Kamu juga bisa belajar tentang beberapa teknik penanaman seperti hidroponik, teknik vertikulturm dutch bucket, dan masih banyak lagi. Adapaun kegiatan yang dapat kamu ikuti selama berada disini yaitu penyemaian benih, pengenalan media tanam, serta pelatihan pembibitan hortikultura.

3. Berjalan-Jalan di Kampung Mini

Buat kamu yang suka berpetualang menjelajah alam, maka Kampung Mini adalah tempat yang cocok buat kamu dan menjadi wahana yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Konsep dari wahana ini yaitu terdapat yang menyerupai seperti sebuah permukiman kecil. Terdapat sawah dan peternakan kecil di dalamnya.

Kamupun akan dibuat nyaman karena suasananya yang sejuk membuat betah berlama-lama disini, dijamin bakal terhipnotis dengan suasana sekitar yang ada.

Kamu tak akan merasa lelah walaupun telah berkeliling menyusuri Kampung Mini dalam jangka waktu yang lama.

Ada makna pesan tersirat dalam pembuatan kampung mini ini, dimana desainnya memang sengaja dibuat mini untuk menginspirasi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan dan ingin taman walaupun di lahan yang sempit.

4. Mengunjungi Mini Zoo

Bagi kamu yang mempunyai adik kecil atau anak, wahana satu ini juga tak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Hal tersebut kamu dapat memperlihatkan secara langsung hewan-hewan yang dibiarkan berkeliling bebas disekitar taman. Tentu saja ini menjadi wahana edukasi yang seru dan menyenangkan untuk mereka.

Fasilitas-Fasilitas di Urban Farming Center Purwakarta

Melihat destinasi wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan, tentunya pihak pengelola juga turut serta memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik guna menunjang kenyamanan dari para wisatawan yang berkunjung. Dengan kenyamanan dan fasilitas yang diberikan tentunya akan membuat pengunjung betah berlama-lama disini.

Kantin

Adapaun fasilitas tersebut diantaranya adalah kantin yang berguna untuk tempat menikmati berbagai makanan lezat yang akan mengenyangkan perut mu.

Kamu bisa menikmati hidangan sambil beristirahat sejenak setelah lelah beraktivitas. Kantin ini menyediakan berbagai macam menu hidangan dengan harga yang cukup terjangkau.

Gerai Toko Oleh-Oleh

Selain itu, buat kamu yang ingin memberikan buah tangan untuk orang dirumah, Urban Farming juga menyediakan gerai toko oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi.

Banyak para wisatawan yang mampir untuk membeli oleh-oleh yang unik sebelum pulang. Ada banyak ragam souvenir yang dapat kamu pilih, mulai dari tas, aksesoris, kaos, dan pernak-pernik lain yang unik untuk dijadikan buah tangan.

Musholla

Selanjutnya terdapat sebuah musholla, sehingga pengunjung bisa bebas berkeliling tanpa harus khawatir ketinggalan waktu sholat.

Ditambah lagi, mushollanya cukup nyaman, dan buat kamu yang tidak membawa peralatan sholat, pihak pengelola juga telah menyediakannya di dalam musholla seperti sarung, sajadah, mukena.

Toilet

Fasilitas lain yang tidak kalah penting yaitu toilet. Terdapat area toilet yang banyak tersebar di sekitar kawasan Urban Farming.

Untuk toiletnya sendiri terbilang cukup bersih dan wangi sehingga kamu pun dapat menggunakannya dengan nyaman.

Area Parkir yang Luas

Karena sudah menjadi tempat wisata favorit di Purwakarta maka tak heran lagi pengunjung yang datang tidak hanya dari wisatawan lokal saja, melainkan juga wisatawan dari luar kota.

Oleh karena itu pihak pengelola telah menyediakan lahan parkir yang luas untuk menampung seluruh pengunjung yang ingin berwisata di Urban Farming Purwakarta ini.

Gambar Urban Farming Purwakarta

Review Wisata Urban Farming Purwakarta

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja yang ada di tempat wisata Urban Farming Purwakarta ini simak video singkat dibawah ini agar kamu tercerahkan.

Nah itu tadi ulasan lengkap mengenai wisata Urban Farming Purwakarta. Ada banyak kegiatan dan akitivitas bermanfaat yang dapat kamu lakukan di sini. Lokasinya yang apik nan sejuk juga menjadi keunggulan lainnya yang bisa kamu dapatkan di sini.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *