Ujung Aspal Wanayasa

Hallo Sobat Traveller, pernahkah kamu camping dan piknik di hutan pinus? Jika belum, kamu perlu mencoba suasana baru liburan di Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta. Informasi detail mengenai lokasi, daya tarik dan sebagainya akan mimin ulas secara lengkap dan detail untuk kamu.

Healing maupun refreshing di alam terbuka menjadi salah satu pilihan wisatawan untuk melepas penat dari segala rutinitas yang melelahkan. Selain wisata kulineran, Camping dan piknik bisa menjadi alternatif pilihan wisata untuk merelaksasi tubuh dan pikiranmu.

Seputar Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta

Ujung Aspal merupakan kawasan hutan pinus milik Perhutani Purwakarta yang dikelola dan dikembangkan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan beberapa tokoh masyarakat serta karang taruna sekitar wisata.

Resmi dibuka dan dioperasikan oleh Bupati Purwakarta yang menjabat saat itu, Kang Dedi Mulyadi, Wisata Ujung Aspal Wanayasa sukses menjadi wisata alam purwakarta terbaik yang menjadi pilihan pengunjung untuk menghabiskan waktu liburan mereka disini.

Lokasi Wisata Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta

Tempat wisata yang baru buka kembali setelah PPKM, pada bulan September 2021 Ujung Aspal menjadi salah satu tempat wisata recommended untuk piknik keluarga maupun family gathering. Lokasi wisata terletak di daerah Pasir Muncang, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

Wisata yang berada di bawah kaki Gunung Burangrang ini juga berlokasi di perbatasan 3 kabupaten yaitu Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung. Tempat wisata ini terkenal dengan keindahan view hutan pohon pinus.

Tidak hanya pengunjung dari kota Purwakarta namun pengunjung luar daerah pun tertarik berlibur dan healing di wisata hutan pinus.

Diberi nama Ujung Aspal, konon katanya karena akses jalan menuju lokasi wisata yang belum beraspal secara penuh menjadi ciri khas yang kemudian dikenal dengan nama Ujung Aspal Wanayasa. Nama lain dari Ujung Aspal adalah Bukit Pinus Panyawangan atau Pasir Langlang Panyawangan.

Daya Tarik Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta

Pemandangan hutan pinus yang tertata rapi, spot foto instagrammable serta adanya area camping ground dan piknik menjadi daya tarik utama wisata ini. Selain tempat yang memukau, wisata ini terkenal dengan cita rasa kopi dan teh burangrang yang khas dan langsung dipetik di kaki gunung Burangrang.

Kopi Burangrang memiliki kekhasan kopi pada umumnya namun ketika dingin, rasa kopi menjadi mirip seperti gula aren. Kamu yang penasaran dengan Kopi Burangrang dapat memesan segelas Kopi Burangrang di kedai kopi Ujung Aspal.

Pemandangan di malam hari tidak kalah menarik dengan pemandangan pagi atau siang hari. Lampu warna-warni menghiasi tempat wisata ini semakin membuat Ujung Aspal cantik dan menarik di malam hari.

Kental dengan suasana alam dan udara sejuk khas pegunungan, tempat wisata dengan harga tiket masuk yang ramah di kantong dapat menjadi pilihan tempat liburan yang asyik dan menyenangkan untuk Sobat Traveler.

Rute Menuju Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta

Lokasi wisata yang berada tidak jauh dari pusat kota Purwakarta sekitar 30 menit, membuat wisata ini mudah diakses pengunjung.

Kamu yang berangkat dari Jabodetabek dapat mengambil jalur Tol Jakarta-Bandung kemudian keluar di Exit Tol Jatiluhur/Ciganea lanjut menuju Kecamatan Wanayasa Purwakarta. Bila kamu bingung dan ragu, kamu dapat mengikuti palang informasi petunjuk arah menuju Ujung Aspal.

Kurang lebih sekitar 5 kilometer dari jalan raya, jalan masih halus beraspal, namun sekitar 1 kilometer sebelum pintu masuk wisata, jalan belum beraspal dan masih berbatu-batu kerikil. Perlu hati-hati dan waspada ketika melewati jalan yang rusak untuk menghindari pecah ban atau tergelincir.

Akses jalan yang tidak terlalu lebar, kamu perlu hati-hati saat mengendarai mobil atau motor. Meski kondisi jalan tidak mulus, namun sepanjang jalan kamu akan menikmati pemandangan kebun teh, kebun kopi dan kebun cengkeh yang tumbuh di sekitar kawasan Ujung Aspal.

Perjuangan menuju Ujung Aspal yang tidak mudah terbayarkan begitu sampai di lokasi wisata dengan pemandangan hutan pinus yang indah dan suasana wisata yang masih segar dan asri.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta

Ujung Aspal beroperasi setiap hari selama 24 jam. Sebelum masuk ke kawasan wisata, pengunjung diwajibkan mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Informasi jam operasional Ujung Aspal mengikuti aturan pemerintah di masa pandemi Covid-19.

Harga tiket masuk beserta biaya lain dapat dilihat pada informasi tabel berikut:

Harga Tiket Masuk WisataRp10.000 per orang
Harga Tiket Masuk CampingRp25.000 per orang
Harga Parkir MotorRp5.000 per kendaraan
Harga Parkir MobilRp10.000 per kendaraan
Harga Tiket Masuk Jembatan GantungRp10.000 per orang
Sewa HammockRp20.000 per orang
Sewa TendaRp150.000 untuk 4 orang

Anak usia 5 tahun kebawah tidak dikenakan biaya tiket masuk atau gratis. Harga tersebut dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Fasilitas Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta

Tidak hanya liburan yang nyaman dan berkesan, tempat wisata ini juga dilengkapi berbagai macam fasilitas, diantaranya:

– Tempat Parkir

Fasilitas di area tempat parkir yang luas dan nyaman dapat menampung puluhan kendaraan roda dua maupun roda empat.

– Warung Makan

Kamu dan rombongan yang tidak membawa bekal makanan sebelumnya, jangan khawatir kelaparan. Disini tersedia warung-warung makan yang menawarkan aneka masakan yang siap menggoyang lidah kamu.

Harga yang ditawarkan standar dan kamu perlu mempersiapkan budget konsumsi sebelum berangkat kesini.

– Kedai Kopi

Kamu yang penasaran dengan cita rasa Kopi Burangrang dapat memesan segelas kopi disini. Di kedai inilah Kopi Burangrang diracik dan diproses secara langsung hingga menjadi salah satu cita rasa kopi yang khas.

– Toilet

Meski jumlahnya masih minim, toilet merupakan salah satu fasilitas yang disiapkan pengelola.

– Musala

Pengunjung muslim yang berada di area wisata tetap dapat menunaikan ibadah sholat 5 waktu musala. Ukuran mushola tidak terlalu besar namun dirancang nyaman untuk pengunjung. Air wudhu yang segar dari air pegunungan membuat tubuh kamu terasa lebih segar.

– Saung atau Gazebo

Rileks menikmati pemandangan dan suasana hutan pinus, pengelola menyediakan saung atau gazebo yang bisa kamu gunakan sebagai tempat istirahat dan tempat makan.

Kamu dapat ngariung disini sambil menyantap bekal makanan yang kamu bawa. Saung atau gazebo dapat kamu gunakan untuk santai atau tiduran buat kamu yang merasa lelah.

– Hammock dan Tenda

Hammock sudah otomatis terpasang, kamu bisa langsung bersantai di hammock, namun sebelumnya kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp20.000 jika ingin bersantai di hammock.

Kamu yang berencana camping, namun tidak membawa tenda dapat menyewa tenda camping disini.

Aktivitas Selama di Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta

Pemandangan hutan pinus yang rapi, indah memukau akan menghipnotis dan membuat kamu nyaman dan betah menghabiskan waktu disini. Kamu juga akan melihat hamparan bukit-bukit hijau dan pemandangan kota Purwakarta dari Ujung Aspal.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan di Ujung Aspal agar kamu tidak melewatkan momen seru dan menyenangkan berlibur di Ujung Aspal.

●      Selfie

Selain view hutan pinus dan pemandangan alam yang memukau, Ujung Aspal juga menyediakan spot-spot foto instagramable untuk mendukung kualitas foto yang diabadikan.

Kamu dapat memanfaatkan palang tulisan Pasir Langlang Panyawangan, ukiran besi berbentuk cinta dengan tulisan Ujung Aspal Wanayasa dan background pemandangan alam hutan pinus sebagai spot foto selfie kamu.

Berpose di jembatan gantung dapat menjadi alternatif foto yang bisa kamu andalkan.

●      Piknik

Suasana sejuk dan segar ditambah pemandangan alam yang indah membuat tempat wisata ini cocok dimanfaatkan sebagai tempat piknik bersama keluarga. Angin sejuk yang berembus menambah kenyamanan berada disini.

Santai di atas tikar sambil menikmati sajian makanan yang lezat ditambah segelas kopi Burangrang yang hangat dapat membuat mood kamu lebih baik.

●      Camping

Suasana alam yang mendukung, kamu dapat merencanakan camping keluarga di Ujung Aspal. Dekat dengan alam akan membuat badan dan pikiran kamu menjadi lebih rileks.

●      Santai

Healing dan refresh melepas penat dari segala aktivitas dan beban pikiran dapat kamu release di Ujung Aspal. Kamu akan merasa lebih tenang menghabiskan waktu disini sembari menikmati view hutan pinus dan bukit-bukit khas pegunungan.

Kamu akan merasa lebih baik dan lebih segar, menikmati hembusan semilir angin sambil bersantai di atas Hammock.

●      Bersepeda

Area wisata yang luas dapat kamu manfaatkan dengan bersepeda disini. Kamu dapat santai menyusuri Ujung Aspal dengan bersepeda. Sensasi berbeda bersepeda di wisata alam hutan pinus dapat kamu rasakan di Ujung Aspal.

Lelah bersepeda, kamu dapat santai tiduran di atas hammock, rasa lelah berangsur-angsur hilang setelah bersantai disini.

Serunya Camping dan Piknik di Ujung Aspal Wanayasa

Quality time keluarga dengan camping dan piknik akan mempererat bonding dalam keluarga. Camping mengajarkan untuk dekat dengan alam dan bisa hidup dengan fasilitas yang minim. Selain fasilitas yang minim, dekat dengan alam mengajarkan kamu untuk lebih tenang dan bijak.

Namun kamu jangan khawatir, Ujung Aspal sudah menyediakan fasilitas yang lengkap untuk pengunjung yang ingin camping dan piknik. Wisata hutan pinus ini menyediakan tempat penyewaan tenda dan tikar. Buat kamu yang belum sempat membawa tenda atau tikar, dapat menyewa disini.

Harga sewa tenda sebesar Rp150.000 dengan kapasitas 4 orang sedangkan untuk biaya sewa tikar sebesar Rp10.000. Area camping ground yang ada di dalam tempat wisata membuat kamu semakin nyaman dengan fasilitas yang menyatu dengan tempat wisata.

Kamu dapat memilih area camping dekat jembatan gantung, disini menjadi salah satu area camping favorit pengunjung.

Menikmati sepiring mie instan dan segelas teh atau kopi hangat sambil healing melepas penat dengan pemandangan alam yang memanjakan mata membuat tubuh kamu merasa nyaman. Obrolan santai yang mengalir akan menghangatkan suasana camping dan piknik.

Jika beruntung, kamu yang camping di Ujung Aspal akan terpesona melihat sunrise yang terlihat dari balik pepohonan. Cuaca cerah mendukung pesona matahari terbit terlihat semakin mempesona. Abadikan momen seru camping dan piknik dengan berbagai pose sebagai kenang-kenangan.

Persiapkan jaket dan obat-obatan serta vitamin untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh kamu. Udara dingin di malam hari mungkin dapat membuat tubuh kamu merasa tidak nyaman. Fasilitas mushola akan memudahkan pengunjung muslim untuk beribadah sholat 5 waktu.

Pengalaman seru dan menyenangkan camping dan piknik di wisata hutan pinus terbaik di Purwakarta yang sayang untuk dilewatkan.

Galeri Gambar Wisata Ujung Aspal Wanayasa

Review Wisata Ujung Aspal Wanayasa

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja yang ada di tempat wisata Ujung Aspal Wanayasa ini simak video singkat dibawah ini agar kamu tercerahkan.

Nah itu tadi ulasan lengkap mengenai wisata ujung wanayasa. Selain di Ujung Wanayasa masih banyak tempat wisata alam Purwakarta yang bagus untuk healing. Segera rencanakan waktu liburan kamu di Ujung Aspal Wanayasa, abadikan momen camping keluarga kamu dengan berbagai pose di spot foto instagramable yang tersedia.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *