Sasak Panyawangan, sebuah objek wisata baru yang terletak di Kota Purwakarta. Wisata alam Purwakarta satu ini menyuguhkan sisi lain dalam menikmati liburan. Panorama yang ditawarkan berupa hamparan dua gunung, yakni Gunung Bongkok dan Gunung Parang yang megah membentang.

Kedua gunung tersebut berbeda dengan gunung-gunung pada umumnya. Karena gunung di sini tidak banyak ditumbuhi pepohonan dan lebih banyak bebatuan cadas. Namun pesona yang dihadirkan tidak kalah indah dengan wisata alam lainnya.

Pesona Sasak Panyawangan Purwakarta yang Memikat Wisatawan

Wisata Sasak Panyawangan sangat cocok untuk me-refresh rasa penat dan jenuh setelah sepekan berjibaku dengan rutinitas. Sobat Traveler yang berkunjung ke sini akan banyak menemui spot bagus yang menjadi daya tarik dari wisata alam ini. Berikut beberapa daya tarik dari wisata alam Panyawangan:

1.   Jembatan Bambu

Sasak Panyawangan Purwakarta adalah objek wisata baru yang berupa jembatan bambu. Jembatan ini yang memiliki panjang sekitar 2.5 kilometer. Terletak diantara dua gunung yaitu Gunung Parang dan Gunung Bongkok. Nama Sasak sendiri berarti jembatan.

Untuk kekuatan jembatan ini tidak perlu dikhawatirkan, karena pihak pengelola selalu melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan agar pengunjung aman berjalan di jembatan ini. Sebagai jembatan perenungan, demikian julukan yang disematkan pada jembatan ini.

Dari atas jembatan, Sobat Traveler dapat menyaksikan keindahan panorama Waduk Jatiluhur dari ketinggian kawasan Gunung Bongkok. Meski jembatannya terbuat dari bambu, justru ini yang menjadi daya tarik dari wisata alam ini.

Jembatan tersebut menjadi akses menuju ke Gunung Parang dan Gunung Bongkok. Bahkan dapat melihat kedua gunung tersebut dari jarak dekat. Jembatan bambu ini menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto ataupun selfie.

2.   Gunung Parang dan Gunung Bongkok

Gunung parang dan Gunung Bongkok dihubungkan oleh jembatan Sasak Panyawangan. Jembatan yang memiliki ketinggian yang cukup ekstrim. Karena menyesuaikan dengan tinggi kedua gunung tersebut. Kedua gunung ini menjadi daya tarik dari objek wisata Panyawangan.

Jembatan Jambu menjadi akses bagi pengunjung untuk melihat Gunung Bongkok dan Gunung Parang dari jarak dekat. Ketika berkunjung ke wisata Panyawangan, Sobat Traveler dapat menikmati keindahan dari kedua gunung tersebut.

Bentuk gunung yang cukup unik, seperti mangkuk yang terbalik membuat pengunjung penasaran untuk melihat kedua gunung ini. Sehingga tidak heran, banyak pengunjung yang rela berjalan jauh untuk sampai ke lokasi tujuan.

Gunung Parang dan Gunung Bongkok, adalah dua gunung batu yang menjadi primadona keindahan Wisata Sasak Panyawangan dibandingkan dengan wahana lainnya.

3.   Climbing

Dikarenakan Gunung Bongkok dan Parang adalah jenis gunung bebatuan, maka sangat menarik hati para pecinta Climbing. Gunung tersebut biasa dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan menantang adrenalin.

Namun, wahana khusus Climbing hanya boleh dilakukan Sobat Traveler yang sudah terbiasa dan berpengalaman saja. Jika Sobat Traveler menyukai wahana yang menantang adrenalin, wahana Climbing ini wajib dicoba.

Namun pastikan Sobat Traveler sudah terlatih dengan kegiatan Climbing. Karena aktivitas ini hanya boleh dilakukan oleh yang sudah terlatih saja. Kegiatan Climbing di gunung batu ini cukup berbahaya. Jadi tidak boleh dilakukan oleh yang bukan ahlinya.

4.   Flying Fox

Karena Wisata Sasak Panyawangan berada di antara dua gunung. Sehingga bagi Sobat Traveler yang ingin melihat keindahan pemandangan tersebut dari sudut yang berbeda, sebaiknya menaiki wahana flying fox.

Sobat Traveler akan lebih puas bila melihat keindahan alam di kedua gunung tersebut dengan menaiki flying fox. Dan rasakan sensasi yang berbeda dengan melihat panorama yang sangat memukau.

Tidak hanya itu, ketika melayang menggunakan flying fox, sejauh mata memandang pesona alam hijau terhampar akan menjadi daya tarik tersendiri yang didapatkan oleh pengunjung.

Selain itu, Sobat Traveler bisa menikmati udara yang sejuk dan segar. Hal ini akan langsung menghilangkan segala penat di pikiran Sobat Traveler.

Jadi, bagi Sobat Traveler yang penasaran bagaimana panorama alam ini yang disajikan dan ingin menguji adrenalin, tidak ada salahnya untuk mencoba wahana flying fox. Nikmati wahana ini sambil melayang di udara dengan kecepatan penuh.

5.     Kolam Renang

Di wisata alam ini, terdapat dua buah kolam renang yang berada di dekat kedua gunung batu tersebut. Di dekat kolam renangnya sendiri terdapat beberapa batu alam yang besar untuk beratraksi seperti Cliff Jumping.

Kedua kolam renang tersebut berbeda kedalamannya. Bahkan ada peringatan terpampang di pinggir kolam renang yang dalam hanya untuk mereka yang bisa berenang atau mengenakan pelampung. Jika Sobat Traveler berwisata ke sini, rasanya belum afdol jika tidak berenang.

Karena kolam renang ini berada di di dekat gunung dengan hamparan pemandangan yang memanjakan mata. Selain itu udara di kolam renang ini sejuk semakin menambah kenyamanan ketika berenang. Akan sangat menyenangkan menghabiskan waktu di kolam renang ini.

6.   Sunset yang Indah

Siapa yang tidak menyukai sunset? Sepertinya semua orang menyukai sunset dan senang berburunya. Ketika berada di wisata alam Panyawangan, Sobat Traveler bisa menunggu sunset yang indah. Sambil menikmati keindahan alam pengunjung akan disuguhkan indahnya matahari terbenam.

Agar dapat menyaksikan sunset pada saat senja, sebaiknya Sobat Traveler sudah berada di lokasi pada saat sore hari. Hal ini untuk mencegah dari ketinggalan menyaksikan serta mengabadikan momen indah tersebut.

7.   Keindahan Alam

Karena lokasi ini berada di antara dua gunung, pastinya keindahan alam yang disuguhkan memanjakan mata. Dengan pemandangan alam yang menawan membuat spot ini diburu pengunjung untuk berswafoto ataupun selfie.

Dengan ketinggian yang ekstrim, Sobat Traveler akan dibuat terpesona dengan pemandangan yang menghadap ke arah Waduk Jatiluhur. Ini menarik, karena waduk yang satu ini terkenal dengan waduk legendaris yang terdapat di Jawa Barat.

8.   Hunting Foto

Hunting foto menjadi daya tarik di wisata alam ini. Pasalnya hamparan alam yang hijau menjadi daya pikat bagi pengunjung. Hal ini karena alamnya yang sangat indah seperti di lukisan. Tentu saja tidak boleh dilewatkan bagi Sobat Traveler yang berkunjung ke sini dan wajib hunting foto.

Sobat Traveler pun dapat berfoto dengan berbagai pose dan latar belakang alam yang indah. Seluruh penjuru di tempat wisata Panyawangan ini menjadi spot foto yang bagus. Tidak hanya itu Sobat Traveler juga bisa berswafoto sembari menikmati p alam yang memukau.

Jadi, pastikan Sobat Traveler membawa kamera ataupun smartphone yang bisa menunjang kebutuhan foto di sini. Jangan sampai terlewatkan karena pemandangan yang indah akan menjadi momen yang indah yang diabadikan setiap waktu.

Fasilitas yang Terdapat di Kawasan Wisata Sasak Panyawangan Purwakarta

Fasilitas penunjang di wisata Sasak Panyawangan terbilang cukup memadai. Apa saja fasilitas yang ada di kawasan wisata ini, berikut beberapa fasilitas yang bisa Sobat Traveler coba:

  • Arena parkir yang luas untuk kendaraan mobil dan motor.
  • Mushola.
  • Toilet dan kamar mandi.
  • Warung makanan dan minuman.
  • Pusat Informasi dan loket destinasi.
  • Kolam renang.
  • Gazebo
  • Spot foto instagramable.
  • Penginapan.
  • Arena outbond

Jam Operasional dan Harga Tiket Wisata Sasak Panyawangan Purwakarta

Jam operasional di wisata Panyawangan ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai dengan 18.00 Wib. Baik hari biasa ataupun hari libur. Karena ada penjaganya dan sudah dikelola, jadi buka dan tutupnya tempat wisata ini sudah teratur.

Harga tiket masuk di kawasan wisata alam ini terbilang cukup terjangkau yaitu seharga Rp10.000,-. Bagi Sobat Traveler yang mempunyai budget minim namun ingin tetap berlibur, wisata alam Panyawangan ini bisa menjadi solusi.

Namun harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir dan biaya wahana lainnya di dalam kawasan. Jadi pastikan Sobat Traveler memiliki dana yang cukup ketika berkunjung ke kawasan ini.

Rute Menuju Lokasi Kawasan Wisata Sasak Panyawangan Purwakarta

Ketika Sobat Traveler berkunjung ke kawasan wisata Panyawangan jaraknya dari Kota Purwakarta sekitar 23 kilometer. Lokasinya di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat.

Untuk berkunjung ke sini, Sobat Traveler bisa menggunakan kendaran pribadi, baik kendaraan motor maupun mobil. Sebagai patokannya ikuti rute berikut:

1.   Dari Arah Kota Purwakarta

Wisata Panyawangan jaraknya sekitar 25.2 kilometer dari Kota Purwakarta. Dapat ditempuh selama 1 jam 12 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor melalui jalur Cikampek.

  • Dari Kota Purwakarta di Jl. Veteran lalu menuju Jl. Suradireja kemudian ke Jl. Surawinata terdapat pertigaan Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta. Setelah itu lurus terus sampai memasuki Jl. Jenderal Ahmad Yani.
  • Dari Jl. Jenderal Ahmad Yani lurus lagi sampai bertemu pertigaan taman parcom lalu belok kanan ke arah Jl. Basuki Rahmat. Lalu lurus lagi sampai masuk ke Jl. Pemuda atau lebih dikenal dengan jalur Cikampek sampai memasuki Jl. Raya Sukatani.
  • Dari Jl. Raya Sukatani terus lagi sampai ada pertigaan Indomaret Cimuntuk kemudian belok kanan. Lalu di Toko Dodo belok kanan lagi sampai menemukan Pasar Anyar Sukatani.

Setelah itu belok kiri, ikuti saja jalur tersebut sampai bertemu pertigaan Martha Cell kemudian belok kanan.

  • Terus lurus lagi sampai memasuki Jl. Pananggahan dan ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan Masjid Al Barokah. Dari Masjid AL Barokah belok kiri. Kemudian terus lurus sampai bertemu pertigaan kedua lalu belok kiri.
  • Terus ikuti jalan tersebut arahkan kendaraan langsung menuju Tegal Waru. Lalu Sobat Traveler bisa mengikuti arah yang menuju Gunung Bongkok. Ikuti saja jalan menuju Gunung Bongkok. Tidak lama kemudian akan menemukan kawasan wisatanya.

2.   Dari Arah Jakarta

Keluar di tol Ciganea dan Jatiluhur. Lalu mengambil jalur kanan arah Pasar Anyar Sukatani. Setelah sampai di Pasar Anyar ambil belok kanan.

Setelah itu, jalan terus ikuti patokan jalan sampai ke pertigaan Gunung Parang. Kemudian belok ke kiri dan akan terlihat arah menuju kawasan wisata Panyawangan. Untuk lebih mudahnya kamu juga bisa menggunakan maps yang telah kami cantumkan dibawah ini.

Sukamulya, Kec. Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Hal yang Perlu Diperhatikan di Kawasan Sasak Panyawangan Purwakarta

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengunjung ketika akan datang ke kawasan ini, di antaranya:

  • Sebaiknya datang bersama keluarga atau rombongan.
  • Waktu paling rekomended untuk mengunjungi Sasak Panyawangan pada pagi hari.
  • Bawa pakaian ganti.
  • Bawa kamera pribadi atau kamera saku.
  • Jaga kesehatan, kebersihan dan selalu berhati-hati ketika berwisata di tempat ini.

Galeri Foto Wisata Sasak Panyawangan Purwakarta

Berwisata ke Sasak Panyawangan menjadi salah satu alternatif yang bisa Sobat Traveler lakukan ketika jenuh dengan rutinitas selama sepekan. Destinasi wisata alam ini mampu menghadirkan keindahan tersendiri yang dapat melepas penat dari pikiran sehingga membuat fresh kembali.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *