Purwakarta adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang sedang mengembangkan sektor pariwisata. Terbukti, wisata alam di Purwakarta tak kalah menarik dengan Kota Bandung. Salah satunya adalah wisata Bukit Panenjoan Purwakarta.

Suasana alam yang sejuk dan segar membuat pengunjung merasa nyaman dan betah. Rileks sejenak dari hiruk pikuk kota dan penatnya aktivitas, kamu akan merasakan sensasi berbeda ketika berada di wisata dataran tinggi.

Seputar Bukit Panenjoan Purwakarta

Panorama alam indah bernuansa perkebunan teh berlatar belakang indahnya Gunung Sanggabuana dan Waduk Jatiluhur menjadi pemandangan yang menyejukkan mata ketika berada disini. Perpaduan panorama alam gunung dan danau buatan menambah keindahan objek wisata ini.

Udara segar khas dataran tinggi terasa kental di bukit ini. Sebagai salah satu wisata alam hits, Bukit Panenjoan Purwakarta memiliki daya tarik yang mampu membuat pengunjung kembali lagi kesini.

Buat kamu instagram holic, wajib banget datang kesini, manfaatkan spot-spot foto instagramable dan pemandangan alam indah khas dataran tinggi serta perkebunan teh hijau segar yang terpampang luas terlihat dari sini.

Objek wisata dengan kesan alami dan romantis menjadikan tempat wisata ini digandrungi anak muda. Banyak pasangan yang memanfaatkan tempat ini sebagai spot foto romantis dan foto post wedding.

Sejarah dan Asal Usul Bukit Panenjoan Purwakarta

Awalnya objek wisata ini adalah lahan tandus yang dikelilingi perkebunan teh dengan luas mencapai 1000 hektar kemudian dikelola hingga akhirnya menjadi bukit lahan hijau. Dulu tidak terpikir untuk menjadikan tempat ini sebagai objek wisata.

Namun pada tahun 2016, sebuah perusahaan perkebunan teh PT Karti Wana Raya bekerja sama dengan warga sekitar menjadikan bukit hijau ini sebagai objek wisata di Purwakarta. Nama Panenjoan diambil dari kata “Nenjo” dalam bahasa Sunda.

Nenjo sendiri artinya adalah melihat. Maksudnya adalah karena lokasi wisata ini menjadi tempat terbaik untuk melihat atau memandang alam karena sudut pandangnya yang luas tanpa ada penghalang. Nama lain dari wisata ini disebut juga dengan “Wisata Karti”

Lokasi Bukit Panenjoan Purwakarta

Terletak di Jalan Wanayasa-Bojong Sawit, Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Purwakarta. Tempat wisata ini berada di daerah dataran tinggi berhawa dingin dengan akses jalan yang mudah dijangkau.

Tempat wisata yang hits di kalangan anak muda menawarkan pemandangan alam yang indah serta spot-spot foto instagramable.

Rute

Bukit Panenjoan Purwakarta berjarak kurang lebih sekitar 17 kilometer dari pusat kota Purwakarta. Untuk menuju lokasi wisata, kamu dapat menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Ada 2 rute yang dapat digunakan bila kamu berangkat dari pusat kota Purwakarta.

  • Arah Wanayasa. Dari pusat kota, kamu mengambil rute arah Wanayasa, setiba di daerah Pondok Salam, kamu harus belok ke arah kanan, masuk Gapura Indung Rahayu yang terletak di pintu masuk Desa Salem, setelah itu ikuti petunjuk jalan menuju lokasi wisata.
  • Arah Bojong Sawit. Dari Bojong Sawit ambil arah Kecamatan Sindang Panon kemudian ikuti papan petunjuk jalan.

Butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai di lokasi wisata dari arah Wanayasa maupun Bojong Sawit.

Untuk kamu yang berangkat dari arah Jabodetabek, ambil rute jalan tol arah Jakarta-Bandung kemudian keluar di Exit Tol Jatiluhur/Ciganea. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam, tergantung kondisi jalan.

Harap berhati-hati, karena tempat wisata terletak di daerah dataran tinggi, ada beberapa jalan yang menanjak namun tidak tajam. Kamu perlu memastikan kendaraan yang kamu gunakan dalam kondisi baik dan aman.

Perjalanan yang cukup menguras tenaga dapat terbayarkan dengan keindahan alam yang terpampang di lokasi wisata. Dari pintu gerbang kamu perlu berjalan kaki sekitar 1 kilometer untuk sampai di loket tiket, dari loket tiket sekitar 100 meter lanjutkan perjalanan dan kamu sampai di area wisata utama.

Akses jalan dari pintu gerbang sampai area wisata utama yang berupa jalan setapak dan masih berupa jalan tanah, kamu disarankan untuk menggunakan alas kaki yang aman dan nyaman digunakan di area jalan setapak.

Untuk lebih mudahnya, kamu juga bisa menggunakan bantuan google maps supaya tidak tersesat sewaktu di perjalanan, untuk maps Bukit Panenjoan Purwakarta bisa cek dibawah ini.

Jalan Wanayasa-Bojong-Sawit Darangdan, Sindangpanon, Kec. Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Waktu operasional Bukit Panenjoan Purwakarta adalah setiap hari dengan jam buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang dewasa, untuk anak-anak dikenakan harga tiket sebesar Rp3.000. (waktu operasional disesuaikan dengan kebijakan pemerintah di masa pandemi)

Biaya parkir untuk motor sebesar Rp3.000, mobil dan bus sebesar Rp10.000 (biaya tiket masuk dan harga parkir dapat berubah sesuai kebijakan pengelola). Biaya tiket masuk untuk wisata alam yang indah ini cukup terjangkau dan ramah dikantong.

  • For Your Information, untuk saat ini wisata alam bukit panenjoan ditutup oleh pihak pengelola sampai waktu yang tidak ditentukan. Tapi jangan khawatir, masih banyak destinasi wisata di purwakarta lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

Daya Tarik

Pemandangan alam yang terbentang luas terlihat dari atas bukit ini ditambah spot-spot foto yang instagramable dan natural menjadi daya tarik utama objek wisata ini. Udara segar dan sejuk menemani kamu menghabiskan waktu disini.

Jembatan bambu sepanjang 200 meter menjadi ikon khas Bukit Panenjoan Purwakarta. Area perkebunan teh yang luas, hijau segar menyejukkan mata akan membuat hati menjadi lebih tenang.

Jika beruntung, kamu dapat melihat kabut atau awan yang berada di sekitar kawasan jembatan bambu, tak jarang tempat ini juga disebut sebagai “Negeri di Atas Awan” Purwakarta.

Fasilitas

Selain daya tarik yang membuat pengunjung tertarik berlibur disini, pengelola wisata juga menyediakan fasilitas untuk membuat pengunjung merasa betah dan nyaman. Fasilitas tersebut antara lain:

●      Saung atau Gazebo

Untuk melepas penat dan santai, kamu dapat istirahat di saung atau gazebo-gazebo yang tersedia di dalam area wisata. Selain santai, kamu juga menikmati bekal makanan yang kamu bawa di dalam saung atau gazebo.

Saung dan gazebo dari bambu menambah kesan alami, kamu akan merasa lebih rileks dengan suasana pedesaan yang terasa disini.

●      Area Parkir

Area parkir yang luas, tempat parkir disini memuat puluhan mobil dan bus yang dapat terparkir disini.

●      Toilet

Lokasi toilet berada tidak jauh dari area utama wisata. Toilet dengan jumlah yang minim, kamu perlu bersabar ketika ada pengunjung yang sedang antri menunggu. Letak toilet ada di dekat pintu masuk gerbang utama.

●      Warung Makan

Di sekitar area jembatan bambu, kamu akan melihat deretan warung makan yang menawarkan berbagai masakan. Warung-warung makan ini menyediakan aneka gorengan, cemilan dan juga makanan berat.

Cita rasa masakan khas Sunda juga tersedia di warung-warung makan. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan masuk dalam kategori ramah di kantong.

●      Musala

Pengelola menyediakan musala yang bisa digunakan pengunjung yang beragama Islam. Pengunjung dapat melaksanakan ibadah wajib salat 5 waktu selama berada disini. Musala terletak di pintu gerbang.

●      Spot Foto

Fasilitas utama yang disediakan pengelola untuk pengunjung adalah adanya spot-spot foto instagramable yang bisa kamu gunakan untuk background foto kamu dan upload di media sosial pribadi kamu.

Spot foto dirancang khusus untuk memanjakan pengunjung, kamu dapat mengabadikan momen kebersamaan kamu bersama pasangan, keluarga atau teman disini.

Aktivitas Selama Berada di Bukit Panenjoan Purwakarta

Lokasi wisata yang instagramable dan nyaman, ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan selama berada disini. Berikut aktivitas yang bisa kamu lakukan di wisata dataran tinggi ini:

●      Selfie

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di objek wisata ini adalah selfie. Kamu dapat selfie sendiri atau bersama teman-teman atau keluarga. Spot foto utama adalah jembatan bambu, jembatan yang hanya cukup dilewati 1 orang ini dibatasi maksimal 40 pengunjung.

Selain jembatan bambu, kamu juga dapat foto di spot foto kupu-kupu, jembatan bambu berbentuk love, gardu pandang, sarang burung, spot foto bertuliskan I U, sayap burung dan balkon.

Kamu mungkin perlu membawa kamera atau hp yang proper untuk mendukung pengambilan gambar yang bagus dan jernih. Kamu juga bisa membawa topi, kacamata atau hiasan aksesoris agar penampilan kamu maksimal saat di foto.

Angle yang tepat juga perlu kamu perhatikan agar foto yang dihasilkan bagus dan berkualitas. Suasana dan tempat yang mendukung pengambilan foto semakin membuat foto-foto kamu bagus dan menarik.

●      Santai dan Ngariung

Menikmati semilir angin sepoi-sepoi ditambah udara khas dataran tinggi membuat tubuh dan pikiran kamu menjadi relaks. Rasa lelah dan penat dapat kamu release disini. Sembari menikmati makanan, kamu juga dapat santai melihat pemandangan alam yang terbentang luas.

Kicauan burung-burung liar menjadi teman untuk kamu santai di saung. Saung juga dapat kamu gunakan sebagai tempat berteduh apabila hujan turun saat kamu sedang bersantai disini. Kamu juga dapat menunggu di saung saat pengunjung ramai selfie di jembatan bambu tanpa ikut antri.

●      Mini Zoo

Di sekitar kawasan wisata, kamu dapat melihat kuda, sapi dan unggas yang diternakkan disini. Anak-anak dapat melihat hewan-hewan ternak tersebut dari dekat dan belajar bagaimana hewan-hewan tersebut diternakkan.

Tips Wisata

Sebelum mengunjungi wisata Bukit Panenjoan Purwakarta, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum merencanakan liburan disini.

  • Rencanakan waktu kunjungan di waktu weekday saat pengunjung tidak terlalu ramai.
  • Cek kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk bepergian ke tempat lokasi wisata.
  • Pastikan kondisi tubuh dan badan kamu fit dan bugar.
  • Kamu yang beragama Islam, dapat membawa peralatan salat agar bisa melaksanakan salat bila di lokasi telah masuk waktu salat.
  • Membawa payung atau jas hujan, hujan mungkin saja bisa turun tiba-tiba saat kamu menuju lokasi wisata.
  • Membawa bekal makanan dan minuman yang cukup.
  • Membawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi.
  • Membawa kamera atau hp yang proper berikut charger.
  • Membawa aksesoris pendukung selfie.
  • Mengenakan jaket atau sweater, udara dataran tinggi yang dingin mungkin membuat kamu sedikit tidak nyaman.
  • Gunakan sepatu atau alas kaki anti slip agar kamu nyaman berjalan di atas jalan setapak. Hujan yang turun dapat membuat jalan setapak menjadi licin, kamu perlu berhati-hati ketika melewati area ini.
  • Perhatikan langkah kaki dan tetap memegang pegangan bambu, kamu perlu hati-hati ketika berjalan di atas jembatan bambu.

Objek wisata yang kental dengan pemandangan alam yang indah dikelilingi perkebunan teh yang segar membuat tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar kota. Harga tiket masuknya yang ramah dikantong menjadi pilihan tempat wisata alam recommended di Purwakarta.

Segera rencanakan waktu kunjunganmu kesini dan ramaikan feed media sosial kamu dengan beragam pose foto yang kamu abadikan di Bukit Panenjoan Purwakarta. Pengalaman seru dan berkesan yang sayang untuk dilewatkan di liburan akhir pekan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.