Purwakarta adalah kota kecil yang diapit dua kota metropolitan, yakni Jakarta dan Bandung. Tidak heran apabila Purwakarta selalu menjadi tujuan menghabiskan liburan wisatawan luar kota. Apalagi, kota ini juga menawarkan keindahan alam dan makanan khas Purwakarta yang menggugah selera.

Sebagaimana daerah lain di Indonesia. Purwakarta juga memiliki hidangan kuliner khas, mulai dari dessert, main course, hingga appetizer yang mampu menggoyang lidah. Oleh sebab itulah, saat berkunjung ke Purwakarta, maka kamu wajib mencicipi kuliner yang juga menjadi daya tarik kota ini.

Aneka Makanan Khas Purwakarta yang Wajib Dicoba

Menemukan tempat makan di Purwakarta memang hal mudah. Namun, supaya kunjungan kamu semakin berkesan, sebaiknya cicipi juga kuliner tradisional kota ini. Lantas, apa saja makanan khas asli Purwakarta yang paling legendaris? Temukan jawaban selengkapnya di bawah ini!

Soto Sadang

Soto merupakan salah satu kuliner khas nusantara yang mempunyai banyak variasi. Pasalnya, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto dengan versi dan citara uniknya sendiri.

Di Purwakarta, kamu bisa menemukan hidangan soto Sadang yang lezat dengan isian beraneka ragam, mulai dari ayam, kikil, babat, hingga buntut. Berbeda dengan soto pada umumnya, soto Sadang umumnya disajikan dengan pilihan kuah, yaitu bening dan tambahan santan.

Sate Maranggi

Makanan khas Purwakarta ini juga wajib kamu coba saat berkunjung ke Purwakarta. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate Maranggi disajikan secara unik karena tidak menggunakan bumbu kacang, sehingga tidak mengherankan apabila sate Maranggi sangat diminati.

Meskipun begitu, sate Maranggi memiliki rasa gurih yang menggugah selera. Pasalnya, sate akan direndam dalam racikan rempah khusus terlebih dahulu sebelum dibakar. Jadi, bumbu meresap sempurna di dalam daging. Untuk penyajiannya, sate ditemani kecap, jeruk limau, dan irisan tomat.

Cobek Ikan Mini

Sesuai namanya, hidangan dengan bahan utama ikan ini disajikan di atas cobek. Hidangan berat cobek ikan mini sangat recommended untuk dicoba ketika berada di Purwakarta. Selain tampilannya yang menonjol, kombinasi cita rasa ikan dengan sambalnya dijamin akan menggoyang lidah kamu.

Apalagi, ikan bakar Purwakarta diracik menggunakan resep berupa lumuran sambal kencur segar. Kamu bahkan sudah bisa mencium aroma wangi dan sedapnya saat ikan sedang dibakar.

Ayam Goreng Kampung

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan menu ayam goreng kampung, bukan? Tapi tunggu dulu, saat berkunjung ke Purwakarta, kamu wajib untuk mencicipi nikmatnya ayam goreng khas Purwakarta yang terkenal kaya dengan bumbu dan rempah tradisional.

Sebelum digoreng, ayam akan dimarinasi dalam bumbu yang terbuat dari aneka rempah, seperti daun jeruk, serai, kunyit, garam, dan gula merah agar cita rasanya semakin kuat. Hidangan ini cocok sekali dinikmati bersama nasi hangat, sambal, dan juga lalapan segar.

Pepes Purwakarta

Makanan khas Purwakarta yang wajib ada dalam bucket list kamu selanjutnya adalah aneka pepes. Kamu bisa menemukan makanan ini di warung makan hingga restoran. Olahan pepes biasanya terbuat dari bahan-bahan segar dipadukan racikan bumbu khas untuk memperkuat cita rasanya.

Di Purwakarta, kamu bisa menemukan pepes dengan dua variasi ukuran, yaitu besar dan mini. Untuk pepes besar, umumnya berisi ikan mas, ayam, jambal, dan cumi. Sedangkan pepes kecil memiliki isian, seperti teri, peda, jamur, tahu, dan oncom. Kamu bisa pilih pepes sesuai dengan kesukaan.

Peuyeum Bendul

Liburan ke Purwakarta tidak akan lengkap tanpa mencicipi peuyeum Bendul nya yang legendaris. Seperti namanya, jajanan peuyeum ini banyak dijajakan di sepanjang Jl. Raya Bendul. Berbeda dengan peuyeum di Bandung, peuyeumPurwakarta memiliki rasa lebih manis dan tekstur padat.

Peuyeum terbuat dari bahan dasar singkong yang telah difermentasi dengan ragi sehingga menghasilkan cita rasa empuk dengan rasa legit khas. Kuliner khas Sunda ini sangat cocok dijadikan pilihan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dan dibagikan kepada keluarga maupun sahabat.

Colenak

Kuliner yang dapat dikategorikan sebagai hidangan dessert ini adalah modifikasi dari peuyeum. Sebab dalam proses pengolahannya, peuyeum dibakar terlebih dahulu, setelah itu dihidangkan dengan topping saus gula merah dan juga kelapa sangrai untuk menciptakan rasa manis yang lezat.

Colenak sangat cocok dinikmati saat sedang bersantai. Jangan lupa ditemani dengan secangkir kopi atau teh hangat agar lebih nikmat. Kalau kamu adalah seorang pecinta dessert, maka wajib untuk mencoba hidangan colenak yang cukup simple namun lezat saat berada di Purwakarta.

Surabi

Kamu tentu sudah tidak asing dengan surabi atau serabi, bukan? Pasalnya, nusantara yang dimasak di atas tungku tradisional ini memang memiliki rasa gurih dan aroma khas. Di Purwakarta, kamu bisa menemukan serabi manis dan asin dengan aneka variasi topping yang bisa dipilih sesuai selera.

Untuk surabi manis, pilihan topping nya biasanya terdiri dari coklat, susu keju, dan buah. Sedangkan surabi asin mempunyai topping, seperti telur keju, oncom, sosis, ayam, dan sebagainya. Salah satu warung surabi terkenal di Purwakarta yang bisa kamu kunjungi adalah Surabi Kedai Kota.

Simping

Untuk menemani kegiatan jalan-jalan, kamu bisa sekalian ngemil simping, yaitu makanan khas Purwakarta yang terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung tapioka. Kemudian diberi citarasa manis dan gurih untuk menghasilkan rasa lezat dan dijamin membuat kamu ketagihan.

Simping memiliki tampilan bulat, pipih, dan tipis seperti kerupuk. Namun terlihat lebih doff karena dimasak dengan cara dipanggang. Kamu bisa menemukan simping dengan berbagai varian warna dan rasa, seperti stroberi, pandan, coklat, hingga cabai. Jadi, tidak akan bosan nyemil simping.

Es Ciming

Cairkan suasana panas di siang hari dengan menikmati es ciming segar di kota industri, Purwakarta. Es ciming adalah dessert khas Purwakarta yang disuguhkan dengan aneka topping, seperti kelapa, cendol jeli, kacang hijau, hingga cincau hitam. Bisa disimpulkan, kalau minuman ini kaya rasa.

Es ciming disajikan dengan kuah sirup merah, susu kental manis, dan serutan es melimpah yang pastinya bisa membuat kamu menelan ludah. Apalagi, saat cuaca sedang terik. Menariknya lagi, harga seporsi es ciming bisa dikatakan sangat terjangkau.

Mie Pelangi 3 Warna

Bagi para pecinta mie, kamu tidak boleh ketinggalan mencicipi kuliner mie pelangi unik yang sedang populer di Purwakarta. Karena dibuat secara homemade dengan penggunaan pewarna alami dari tumbuhan, tentunya mie pelangi yang disajikan dalam tiga warna ini lebih sehat

Mie pelangi 3 warna memiliki tekstur kenyal dan lembut dengan citarasa gurih sehingga terasa nikmat saat masuk ke dalam mulut. Untuk penyajiannya, sebenarnya hampir sama dengan mie ayam pada umumnya. Oleh karena itu, sangat cocok dijadikan pilihan menu makan siang atau makan malam.

Jangan lupa menyempatkan diri untuk mencicipi berbagai makanan khas Purwakarta saat berkunjung ke kota industri ini. Selain memanjakan mata dengan menjelajahi pemandangan alam Purwakarta yang mempesona, kamu juga harus memanjakan lidah dengan mencicipi kuliner lezat. Semua makanan tersebut bisa dapat kamu nikmati di spot wisata kuliner purwakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *